Trampolin/Antara
Fashion

Taman Trampolin Buat Masyarakat Lebih Aktif Bergerak

Dika Irawan
Senin, 11 September 2017 - 16:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Taman trampolin sudah jadi tempat alternatif berolahraga di Jakarta. Tak sedikit masyarakat menghabiskan akhir pekan maupun liburannya ke tempat ini. Salah satunya Houbii Urban Adventure Park yang terletak di Jl. Metro Pondok Indah Blok 3, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta.

Berikut petikan wawancara Bisnis dengan Satrio Sih Pinandhito, Public Relations Manager Houbii Urban Adventure Park.

Apa alasan dan tujuan membuka taman trampolin di sini? Kenapa tertarik investasi di Indonesia?

Kalau alasan dari pemilik, kami ingin membuat masyarakat lebih aktif berolahraga. Sebab agak susah mencari tempat bermain yang dapat membuat masyarakat aktif bergerak di Jakarta. Selain itu juga dari taman trampolin ini, orang tua ingin anaknya mendapat kegiatan yang menyenangkan dan tidak mengalami obesitas. Kemudian supaya masyarakat tidak selalu jalan-jalan ke mal atau main gawai, tetapi ada aktivitas lain.

Bagaimana respons pasar?

Alhamdulillah responnya bagus. Masyarakat senang dengan hadirnya kami. Kalau sekarang di lihat dari tren memang ada peningkatan. Kami yang berlokasi di Jakarta Selatan, banyak pengunjung yang datang dari luar kota seperti Manado, Semarang hingga Bandung.

Siapa segmen pasar yang dituju?

Kami sebenarnya memiliki target pengunjung, berusia 6 sampai 60 tahun. Untuk balita juga bisa, tetapi harus ada pendamping. Kebanyakan pengunjungnya anak-anak sekolah dasar sampai remaja. Selain itu kadang orang-orang tua yang mendampingi anaknya juga ikut bermain trampolin. Kami sebenarnya bisa dibilang salah satu tujuan rekreasi keluarga.

Apa saja fasilitas/wahana yang disediakan? Apa fungsinya?

Ada beberapa fasilitas yang kami sediakan, antara lain dda namanya ropes course, rintangan yang disusun dari tali-tali untuk melatih keseimbangan. Kemudian ada ninja course, semacam wahana Ninja Warrior tetapi versi mininya untuk melatih ketangkasan. Extreme slide, perosotan yang memiliki kemiringan hampir 90 derajat untuk menguji keberanian. Tentunya trampolin.

Berapa biaya masuknya?

Usia 6 tahun ke atas hingga dewasa biayanya Rp225.000 untuk dua jam. Di bawah 6 tahun, Rp180.000 untuk 2 jam. Kalau pendamping wahana gratis. Kecuali tiap jumat malam ada Houbii Night, biayanya Rp225.000 untuk dua orang selama empat jam. Hari biasa maupun akhir pekan harganya flat.

Cuma satu kali bayar, di dalam pengunjung bebas menggunakan wahana-wahana yang tersedia. Kami ada pendamping yang mengawasi. Mereka akan memberikan materi dasar seperti cara melompat dan cara berhenti di atas trampolin. Mereka juga akan memasang alat-alat keamanannya. Selain itu mereka juga sudah dibekali P3K dasar.

Seberapa banyak pengunjungnya? Rata-rata usia berapa?

Tidak menentu. Pada musim liburan, satu hari dapat mencapai 900 hingga 1.200 pengunjung. Jika hari biasa per hari 300-an pengunjung. Akhir pekan naik lagi, di atas 500 pengunjung. Kami sendiri memiliki kapasitas taman yang menampung 300 pengunjung karenanya dibatasi 2 jam.

Apa manfaat taman trampolin ini?

Tentu kesehatan karena seperti melakukan olahraga kardioavaskular. Tentu dengan wahan lain bisa latih keseimbangan, ketangkasan, dan menguji keberanian. Melalui wahan-wahana ini masyarakat lebih aktif dalam beraktivitas.

Apa tantangan mengelola taman trampolin?

Tantangannya soal keamana. Mengingat olahraga ini tergolong ekstrim, tidak sembarang orang dapat mencoba karena rentan cedera. Oleh sebab itu sebelum dimulai kami ada sesi arahan dari pemandu mengenai hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Selain itu tantangannya adalah harus berinovasi. Kami ingin pengunjung yang datang ke sini tidak merasa bosan.

Bagaimana perawatannya?

Tiap Selasa kami rutin lakukan perawatan seperti pembersihan dan pengecekan alat-alat.

Bagaimana menghadapi persaingan dengan kompetitor, mengingat taman trampolin sedang menjadi tren di Indonesia?

Kami harus lebih inovatif dari strategi pemasaran. Kami berusaha supaya pengunjung ketika datang merasa puas.

Apakah ada komunitas yang terbentuk seiring dengan berkembangnya taman trampolin di Indonesia?

Kami buka dari Desember 2016. Saat ini kami ada Houbii Sport Academy. Sudah ada muridnya. Akademi ini memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin belajar trampolin lebih lanjut. Kami juga ingin bekerjasama dengan pihak-pihak lain untuk mengembangkan olahraga ini salah satunya ke Persatuan Senam Indonesia. Sebab trampolin sudah menjadi cabang olahraga di Olimpiade

Bagaimana tip menggunakan trampolin yang baik dan aman? Bagaimana pula cara memilih taman trampolin yang baik?

Harus menggunakan kaos kaki khusus supaya memudahkan ketika menggunakan trampolin. Pastikan kondisi tubuh fit ketika bermain trampolin. Selepas itu, kita harus tau teknik-teknik dasar melompat dan mendarat yang benar seperti apa. Kemudian siapkan air minum, karena olahraga ini cukup menguras tenaga. Untuk memilih taman trampolin, cari taman yang di dalamnya sudah ada pemandunya. Selain itu, cari tempat yang menyajikan banyak inovasi dalam bermain trampolin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro