dr. Sari Chairunnisa, SpKK /Mia Chitra Dinisari
Fashion

3 Tips Merawat dan Membersihkan Kulit Wajah

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 13 September 2017 - 13:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sehatkah kulit Anda? Tentu itu menjadi salah satu pertanyaan dalam diri semua orang, terutama wanita.

Punya kulit sehat memang dambaan semua orang, karena tidak perlu berhadapan dengan sejumlah masalah kulit wajah.
dr. Sari Chairunnisa, SpKK ahli dermatologi menyatakan tanda kulit sehat cukup mudah diidentifikasi. Diantaranya adalah tidak jerawatan, tidak ada flek, dan tidak terlalu kering atau berminyak.

Dan untuk mendapatkan kulit yang sehat, katanya, harus dilakukan perawaran berkesinambungan, agar tetap terjaga.

Dia menjelaskan, cara perawatan kulit wajah, harus sesuai dengan jenis kulit, dan usia. "Banyak org memakai perawatan karena okutan. Padahal semua tergantung masalah dan juga jenis kulitnya. Ini yang harus dihindari," ujarnya di Jakarta dalam sesi tips merawat wajah agar sehat dan segar bersama Wardah.

dr Sari juga mengatakan masalah pemakaian produk perawatan juga umumnya dilakukan rutin terus menerus, karena jika tidak kulit wajah akan kembali ke kondisi semula. Misalnya berminyak atau berjerawat. "Ibaratnya kaya kita sikat gigi kan harus setiap hari," tambahnya.

Khusus untuk kulit orang Indonesia, lanjutnya, juga harus dilihat karakteristik kulitnya. Karena kulit asia itu kecokelatan dan kuning jadi gampang tanning. Beda dengan ras kaukasia atau orang asing yang gampang sunburn atau merah tapi cuma bertahan 2-3 hari. Sedangkan orang Indonesia dan Asia tidak mudah terbakar karena memiliki pigmentasi yang cukup, tapi jika terbakar akan tanning dan bertahan lama.

dr Sari mengungkapkan terlepas dari produk yang digunakan, langkah perawatan kulit agar lebih sehat dan cerah ada tiga langkah

1. Pembersihan
Pembersihan kulit masing-masing orang berbeda tergantung dari berapa banyak jenis produk makeup yang dipakai. Misalnya bagi mereka yang hanya memakai pelembab saja, berbeda proses pembersihan yang harus detail bagi mereka yang memakai full makeup sepanjang hari

2. Pelembaban
Kulit itu bagai dinding rumah yang memiliki sel tipis. Kulit juga memiliki pelembab alami dimana semakin bertambah usia pelembab alami makin berkurang. Karena itu kulit menjadi lebih kering dan berkerut ketika usia bertambah. Karena itulah, semua jenis kulit di usia awal 20 tahunan perlu memakai pelembab untuk menjaga kelembaban alami tersebut agar tidak mudah kering dan keriput

3. Perlindungan dari sinar matahari
Langkah ini sangat penting, karena untuk melindungi wajah dari sinar matahari yang bisa berdampak buruk pada kulit Anda. Biasakan gunakan krim pelindung matahari pada pagi hari sebelum beraktivitas. Apalagi sekarang banyak juga produk kecantikan yang mengandung anti UV yang bisa dijadikan alternatif.

Dia juga mengatakan pembersihan wajah harus dilakukan semua orang setiap hari sejak usia kapanpun. Sedangkan ketika usia menginjak 20 tahun, diperlukan cara pembersihan yang lebih intens untuk menutrisi kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro