Ini Dampak Konsep Bangunan Hijau Bagi Kesehatan Penghuninya

Konsep bangunan hijau atau green building ternyata memiliki hubungan yang erat dengan kesehatan para penghuninya.
Dewi Andriani | 15 September 2017 06:44 WIB

Bisnis.com, JAKARTA- Konsep bangunan hijau atau green building ternyata memiliki hubungan yang erat dengan kesehatan para penghuninya.

Berdasarkan penelitian yang dikenal sebagai The COGfx Study ditemukan bahwa kualitas lingkungan dalam ruangan dapat meningkatkan fungsi kognitif penghuni yang ada di dalam bangunan tersebut.

Studi tersebut dipimpin langsung oleh Dr. Joseph Allen, Assistant Professor Exposure Assessment Science di Akademi Kesehatan Publik Harvard bersama sejumlah peneliti dari SUNY Upstate Medical University and Syracuse University.

“Sebuah gedung hijau bersertifikat memiliki fungsi kognitif 26% lebih tinggi dibandingkan dengan gedung serupa yang tidak memiliki sertifikat bangunan hijau,” ujarnya dalam Distinguished Sustainability Lecture Series yang diselenggarakan PT Berca Carrier Indonesia, Rabu (14/9/2017)

Studi tersebut menjadi salah satu dasar bagi pemerintah untuk berkomitmen membangun 100% bangunan hijau dan 60% bangunan yang sudah lebih dulu berdir sesuai standar bangunan hijau yang telah ditetapkan.

Jakarta baru-baru ini menerapkan sejumlah upaya untuk meningkatkan jumlah bangunan hijau di Indonesia, diantaranya dengan diberlakukannya kebijakan mengurangi penggunaan air dan konsumsi energi serta pengurangan jumlah emisi karbon hingga 30% pada tahun 2030 mendatang.

“Harapan kami adalah untuk memproduksi hasil penelitian yang berkualitas tinggi yang berguna bagi para pembuat bangunan (kontraktor) untuk memutuskan bagaimana konsep sebuah bangunan didirikan,” ujarnya dalam .

John Mandyck, Kepala Bagian dari Sustainability Officer United Technologies menambahkan bahwa perusahaannya terus berupaya mempercepat pembangunan Bangunan Hijau di seluruh dunia.

“Kami tengah terlibat dalam sebuah pembicaraan baru untuk meningkatkan nilai bangunan hijau karena penelitian yang kami terus lakukan. Adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan ketika Anda bisa mendemonstrasikan bahwa bangunan hijau tidak hanya baik untuk lingkungan namun juga baik bagi manusia. hal itu merupakan kombinasi yang sangat kuat,” terangnya.

Kegiatan Distinguished Sustainability Lecture Series ini menghadirkan lebih dari 100 kontraktor professional minggu ini di Jakarta. Tidak hanya di Jakarta, kegiatan ini juga telah diikuti hampir 4.000 kontraktor professional  dalam 32 kali penyelenggaraannya di 16 negara.

Tag : green building
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top