Ilustrasi/Imt.ie
Health

Ingat, Merokok dan Obesitas Lebih Bahaya dari Radiasi

Nancy Junita
Senin, 25 September 2017 - 09:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda mungkin pernah mendengar bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan. Selain merokok, obesitas juga sama buruknya bagi kesehatan seseorang.

Sebuah studi baru memperingatkan bagaimana ancaman gaya hidup modern seperti merokok, obesitas dan polusi udara lebih berbahaya daripada paparan radiasi tingkat rendah. Populasi manusia selalu terpapar radiasi pengion, dan lebih lagi dalam kehidupan modern karena penggunaannya dalam kedokteran, seperti mesin sinar-x, industri dan militer.

Periset, termasuk di University of Oxford di Inggris, menyelidiki risiko relatif terkena radiasi tingkat rendah yang digunakan di bidang kedokteran, industri dan angkatan bersenjata.

Mereka menemukan bahwa risiko kesehatan manusia secara keseluruhan dari paparan radiasi tingkat rendah kecil, terutama jika dibandingkan dengan risiko umum dari masyarakat modern, seperti obesitas, merokok dan polusi udara.

"Kami tahu banyak tentang risiko kesehatan akibat radiasi berkat penelitian yang sangat hati-hati terhadap kelompok orang yang terpapar dengan tingkat yang berbeda dari bom nuklir atau kecelakaan, paparan medis pasien, sumber alami, dan pekerja di industri nuklir dan kedokteran," kata Angela McLean, profesor di Universitas Oxford seperti dikutip dari laman ww.boldsky.com, Minggu (24/9/2017).

"Dari penelitian ini, jelas bahwa dosis radiasi sedang dan tinggi meningkatkan risiko pengembangan beberapa jenis kanker," McLean menambahkan.

Ingat, Merokok dan Obesitas Lebih Bahaya dari Radiasi


Untuk mengilustrasikan ukuran peningkatan risiko ini, jika 100 individu masing-masing secara singkat terpapar 100 mSv (millisievert adalah ukuran dosis radiasi), maka rata-rata selama seumur hidup, salah satunya diperkirakan berkembang menjadi kanker karena induksi radiasi. Sedangkan, 42 di antaranya diperkirakan mengalami kanker karena penyebab lain, kata periset.

"Untuk memasukkan 100 mSv dalam konteks, dosis rendah dari CT scan seluruh tulang belakang adalah 10 mSv, sementara dosis rata-rata dari radiasi latar belakang di Inggris adalah 2,3 mSv setiap tahunnya," para peneliti menambahkan.

Penelitian baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : www.boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro