Pemasangan karya istalasi Teguh Onstenrik./Bisnis-Dika Irawan
Show

Ada Tembok Berlin di Kalijodo

Dika Irawan
Selasa, 26 September 2017 - 17:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  -- Setelah tertidur selama 27 tahun, instalasi Teguh Ostenrik bertajuk "Menembus Batas" berdiri di Ruang Terbuka Hijau Kalijodo, Jakarta Barat, Selasa (26/9/2017). Karya yang terdiri dari empat tembok berlin itu rencananya akan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, 3 Oktober mendatang.

Selain dinding Berlin, instalasi dilengkapi dengan lempengan baja yang menyerupai patung anak-anak.

Proses pemasangannya diawali dari penjemputan karya di studio Teguh Ostenrik di Pondok Petir dengan empat mobil truk pada pagi hari. Jelang siang hari, puluhan orang mulai memasang karya dengan bantuan crane dan mobil truk.

“Hari ini sudah harus selesai pemasangannya,” kata Teguh saat ditemui di lokasi, Selasa (26/9/2017).

Posisi instalasi ini berada di sisi barat RTH, bersebelahan dengan dinding taman. Tepat berada di tengah amphiteater sehingga memungkinkan para pengunjung taman mendekat dan berinteraksi dengan karya itu. Teguh memang menginginkan karyanya menjadi bagian pertunjukan yang digelar di Kalijodo.

Usai pemasangan, Teguh menyerahkan urusan perawatan karyanya kepada pihak terkait. Namun, dia tidak melepaskan sepenuhnya melainkan dengan syarat, jika sewaktu-waktu Kalijodo tidak lagi berfungsi sebagai ruang publik maka dia berhak mengambil lagi karya instalasinya.

“Jadi semacam hibah bersyarat,” ujarnya.

Teguh sangat menyayangi karya ini karena menyimpan histori dan gagasannya sebagai seniman.

Dia membeli langsung bagian dinding Berlin itu ke Jerman pada 1990, usai peristiwa runtuhnya tembok Berlin. Pesan persatuan dari runtuhnya Tembok Berlin itu ke Jakarta coba dia sematkan pada karyanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro