Pusat kebugaran/Istimewa
Health

Kuman di Tempat Olahraga Ratusan Kali Lebih Banyak Dibanding Toilet Umum

Newswire
Rabu, 27 September 2017 - 12:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah kamu masih pergi ke tempat olahraga? Pernahkah kamu memikirkan berapa banyak kamu terpajan pada kuman ketika kamu menggunakan peralatan di sana?

Satu studi penelitian baru-baru ini memperlihatkan, bahwa banyak jenis jamur dapat terangkat dan terbawa pulang dari tempat olahraga dan sebagian alat, bahkan lebih kotor daripada toilet duduk umum.

FitRated.com.,jejaring profesional, yang menyediakan keterangan mengenai perlengkapan kebugaran terkenal kepada konsumen, melakukan pemeriksaan 27 jenis alat berbeda di tiga rangkaian pusat kebugaran di seluruh Amerika Serikat.

Dalam pemeriksaan itu, tingkat bakteri ditentukan berdasarkan unit pembentukan-koloni (CFU), satu unit mikrobiologi yang digunakan untuk memperkirakan jumlah bakteri yang ada atau sel jamur di satu sampel, demikian laporan, Rabu (27/9/2017) pagi.

Rata-rata treadmill, sepeda olahraga, dan barbel terbukti dipenuhi kuman --lebih dari satu juta CFU.

Jumlah Kuman

Para peneliti mendapati, bahwa rata-rata sepeda olahraga 39 kali lebih kotor daripada nampan kafetaria. Bakteri pada treadmill 74 kali lebih banyak dibandingkan dengan keran kamar mandi umum. Terparah adalah barbel, dengan 382 kali lebih banyak bakteri daripada toilet duduk umum.

"Setiap orang berkeringat di pusat kebugaran, dan semua yang telah disentuh orang dapat memiliki kuman, saya dapat memperkirakan itu," kata Diana Ng, seorang anggota kebugaran, kepada Xinhua pada Selasa (26/9/2017).

"Tapi saya tak pernah mengira itu sama kotornya dengan toilet duduk umum. Saya membawa handuk sendiri, alat Yoga dan barang pribadi lain, saya juga menyeka perlatan sebelum saya menggunakannya setiap kali, tindakan yang saya duga akan mengurangi kemungkinan membawa pulang bakteri."

Maria Hernandez, seorang staf kerja di pusat rantai kebugaran di Los Angeles, mengatakan kepada Xinhua bahwa "kami memang menyediakan pembersih tangan dan kain lap di sini, sebagian orang menggunakan itu tapi sebagian lagi tidak. Setiap tempat yang didatangi orang mungkin memiliki bakteri dan jamus, orang tak bisa berhenti pergi ke manan pun cuma karena di sana ada bakteri. Kebanyakan orang membawa sendiri handuk mereka dan mandi sebelum pulang, saya kira itu cukup untuk membersihkan."

James Collyer, Direkrut Dermatologi Modern di Seattle, sebagaimana dikutip oleh FOX News mengatakan orang mesti menghindari bak mandi air panas umum di tempat olahraga, sebab bak mandi panas memiliki risiko tinggi untuk menuarkan infeksi sangat umum yang dinamakan "hot tub folliculitis".

Terlebih lagi, dia menyarankan, orang agar tidak pernah melepas alas kaki di ruang penyimpanan, sebab itu cara yang sangat besar untuk menularkan jamur, bakteri dan virus.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro