Jantung/Boldsky
Health

Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

Rachmad Subiyanto
Selasa, 3 Oktober 2017 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyebab kematian nomor satu dunia masih didominasi oleh penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung.

American Heart Association menyebutkan kematian akibat penyakit kardiovaskular lebih banyak dibandingkan dengan kanker dan kecelakaan, termasuk apabila keduanya digabungkan.

Apabila Anda memiliki riwayat penyakit jantung, potensi untuk mendapatkans erangan jantung pun ikut bertambah. Serangan ini bisa menyerang siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Serangan jantung termasuk dalam kondisi serius yang mengancam jiwa. Namun, masih belum banyak orang yang memahami bagaimana bersikap apabila menemukan orang dengan serangan jantung.

Dokter Spesialis Kardiovaskular Rumah Sakit Siloam Lippo Village Tangerang memberikan sejumlah tindakan yang sebaiknya dilakukan apabila menemukan orang yang terkena serangan jantung.

1. Tenangkan dan baringkan pasien
Apabila menemukan orang yang terkena serangan jantung, jangan panik. Berikan pertolongan dengan membaringkan dan menenangkan kondisinya.

2. Memberikan Aspirin yang dikunyah
Setelah ditenangkan dan dibaringkan, periksa apakah orang tersebut sadar atau tidak. Apabila masih sadar, Anda dapat memberikan aspirin yang dikunyah. Aspirin berfungsi untuk mengencerkan darah yang kerap menjadi penyebab serangan jantung.

3. Jangan masukkan apapun ke dalam mulut
Apabila ternyata orang yang terkena serangan jantung itu tidak sadar, jangan masukkan apapun ke dalam mulutnya.

4. Segera bawa ke Rumah Sakit
Pertolongan pertama yang diberikan ini, selanjutnya dapat diteruskan dengan membawa orang tersebut ke Rumah Sakit atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro