Ilustrasi kanker payudara/boldsky
Health

6 Mitos Kanker Payudara yang Tak Bisa Dipercaya

Nancy Junita
Rabu, 4 Oktober 2017 - 08:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit dapat mempengaruhi bagian tubuh kita, mulai dari otak kita sampai ke kaki. Kita tidak bisa memprediksi terjadinya penyakit, tapi kita pasti bisa mengikuti gaya hidup sehat untuk bebas dari penyakit.

Ada sejumlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan mematikan, contohnya kanker. Seperti kita kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan  selain AIDS.

Kanker adalah penyakit ketika terjadi abnormal sel di dalam tubuh, menyebabkan tumor. Tumor ini akhirnya tumbuh dalam ukuran dan mulai menghancurkan jaringan dan organ tubuh, yang akhirnya menyebabkan kegagalan organ.

Jika tumor berada di tempat yang tidak dapat dioperasi, pengobatan bisa menjadi sangat sulit. Ada banyak jenis kanker  yang umum terjadi, seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru-paru.

Berikut adalah beberapa mitos tentang kanker payudara yang harus Anda abaikan.

Mitos # 1 Kanker payudara pembunuh terbanyak

Kanker payudara adalah jenis kanker yang membunuh wanita paling banyak. Ini mitos karena, menurut statistik, kanker paru-paru memiliki angka kematian tertinggi bagi wanita.

Mitos # 2 Pemeriksaan diri sendiri tidak ada gunanya

Ini adalah mitos karena, memeriksa benjolan dan bintik-bintik pada payudara sendir secara teratur, membantu menentukan adanya kanker payudara pada tahap awal.

Mitos # 3 Mamogram bisa menyebabkan kanker

Mammogram adalah teknologi yang digunakan untuk mendeteksi adanya tumor di payudara, menggunakan radiasi.  Pemeriksaan mammogram tidak meningkatkan risiko kanker.

Mitos # 4 Operasi tumor bisa menyebarkan sel kanker

 Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mengangkat (operasi) tumor di payudara dapat menyebabkan lebih banyak sel kanker berkembang di tempat itu.

Mitos # 5 Kanker payudara adalah turunan

Seorang wanita dengan riwayat keluarga terkena kanker payudara mungkin tidak akan terpengaruh oleh penyakit ini dan sebaliknya, jadi itu adalah mitos!

Mitos # 6 Anda selalu bisa merasakan benjolan saat terkena kanker payudara

 Ada banyak kasus di mana wanita mungkin tidak pernah merasakan benjolan, bintik atau tanda lain kanker payudara saat memeriksanya sendiri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : www.boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro