Nasi cokelat (brown rice)./Istimewa
Health

Ini Sebabnya Brown Rice Lebih Sehat Dibanding Nasi Putih

Newswire
Rabu, 4 Oktober 2017 - 11:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbeda dengan nasi putih, brown rice berasal dari beras yang setengah digiling atau hanya diproses dengan cara menghilangkan sekam saja tanpa dipoles sampai menjadi menjadi beras putih.

Untuk alasan ini, brown rice mengandung serat lebih banyak daripada nasi putih sekaligus sumber antinutrien, seperti asam fitat, dan mungkin mengandung logam berat tingkat tinggi jika ditanam di daerah yang tercemar.

Mengonsumsi nasi putih mungkin memiliki efek buruk pada keseimbangan gula darah. Di sisi lain, brown rice umumnya dianggap sebagai makanan rendah glikemik, sehingga berefek menguntungkan untuk mengontrol gula darah.

Selain menyediakan energi dan nutrisi dasar, tak ada lagi manfaat nasi putih. Di lain pihak, konsumsi brown rice secara teratur bisa bermanfaat salah satunya untuk kesehatan jantung.

Studi observasional telah menghubungkan konsumsi biji-bijian dengan risiko kematian akibat penyakit jantung. Studi itu melibatkan 86.190 orang pria selama 5,5 tahun.

Hasil studi memperlihatkan bahwa mereka yang mengonsumsi satu porsi atau lebih sereal gandum setiap hari berisiko 20 persen lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular daripada mereka yang tidak pernah atau jarang mengkonsumsi biji-bijian.

Studi lain yang melibatkan 75.521 orang wanita selama 10 tahun menemukan asupan brown rice berhubungan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 30 persen.

Biji-bijian utuh mungkin juga memiliki efek menguntungkan pada berat badan dan diabetes, efek yang terkait erat dengan penyakit kardiovaskular.

Ingatlah bahwa semua penelitian ini bersifat observasional dan hanya menunjukkan hubungan antara biji-bijian dan kesehatan, namun tidak dapat membuktikan penyebabnya.

Baca Juga Brokoli Obat Flu

Satu hal yang jelas, brown rice mengandung sejumlah komponen sehat untuk jantung, seperti mineral, antioksidan, lignan dan serat makanan. Demikian seperti dilansir laman Medical News Today.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro