Jantung/Boldsky
Health

5 Gaya Hidup Agar Jantung Tetap Sehat

Nancy Junita
Rabu, 11 Oktober 2017 - 08:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hidup kita kebanyakan berpacu melawan waktu. Tuntutan tak berujung, tenggat waktu yang konstan dan jam yang berdetak dapat membawa dampak pada kesehatan.

Gaya hidup yang serba cepat  bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Faktanya, stres yang dialami seseorang di tempat kerja dapat menyebabkan penyakit jantung.

Kesehatan kardiovaskular sangat bergantung pada pekerjaan seseorang. Periset menemukan bahwa mereka yang terlibat dalam perdagangan grosir, administrasi publik, pengolahan limbah, transportasi dan pergudangan lebih rentan terhadap penyakit jantung.

Periode waktu juga berefek pada kesehatan jantung.  Sistem kerja ‘outsourcing’ secara shift, jadwal tidak teratur dan kebiasaan makan yang tidak menentu, menjadi pemicu sakit jantung.

Bekerja  tanpa henti dapat menyebabkan banyak kondisi seperti diabetes, trombosis, tekanan darah tinggi serta penyakit jantung koroner.

Berikut 5 gaya hidu untuk kesehatan jantung :

1. Hindari Tembakau

Asap dari rokok, cerutu  berdampak buruk bagi jantung dan arteri karena berbahaya bagi paru-paru. Perokok pasif juga bisa terpapar racun dari asap rokok, maka disarankan  berusaha maksimal untuk menghindari tembakau.

5 Gaya Hidup Agar Jantung Tetap Sehat


2. Aktif

Olahraga dan aktivitas fisik adalah hal terbaik berikut yang dapat Anda lakukan untuk  kesehatan jantung. Setiap aktivitas fisik minimal 30 menit sehari membantu melindungi dari penyakit jantung dan kondisi kronis lainnya. Inilah salah satu kebiasaan sehat terbaik untuk jantung.

5 Gaya Hidup Agar Jantung Tetap Sehat


3. Jangan gemuk

Berat badan berlebih, khususnya di bagian tengah, bisa menyiksa jantung dan mendorong muncul diabetes. Jika Anda kelebihan berat badan, maka kehilangan  berat badan sekitar 5% sampai 10%  dapat membuat perbedaan besar pada tekanan darah dan kadar gula darah .

4. Makanan segar

Anda perlu menambahkan lebih banyak buah dan sayuran, biji-bijian, lemak tak jenuh, protein bagus, rempah-rempah. Anda juga perlu membuang makanan olahan, garam, daging merah, soda dan minuman manis dari makanan Anda.

5 Gaya Hidup Agar Jantung Tetap Sehat


5. Hindari Alkohol

Jika Anda minum alkohol, maka Anda harus membatasi. Harus 1-2 gelas sehari untuk pria dan tidak lebih dari satu gelas untuk wanita. Inilah salah satu kebiasaan sehat jantung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : www.boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro