Katarak penyebab utama kebutaan di Indonesia/Antara
Health

5 Cara Mencegah Kebutaan

Nancy Junita
Rabu, 11 Oktober 2017 - 08:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pola makan vegan adalah mode baru di antara banyak kalangan. Periset mengungkapkan bahwa diet ini sebenarnya bisa membuat Anda buta.

SIMAK: 5 Gaya Hidup Agar Jantung Tetap Sehat

Beberapa psikolog mengungkapkan dampak buruk pola makan vegan. Ini terjadi jika diet vegan tak diikuti dengan benar, maka seseorang bisa kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 terutama ditemukan pada telur, daging, ikan dan produk susu. Makanya, tidak mengonsumsi suplemen saat mengikuti pola makan vegan, bisa menimbulkan beberapa gejala berbahaya.

Jika tidak diobati, kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan kehilangan penglihatan, kelemahan, kelelahan, jantung berdebar, masalah saraf, depresi dan kehilangan ingatan.

Bila Anda menganut pola makan vegan, berikut tip untuk menghindari kebutaan :

1. Kacamata hitam
Mengenakan kacamata hitam bisa menghalangi 100% sinar ultraviolet dan bisa menunda perkembangan katarak dengan cara melindungi mata Anda dari sinar matahari langsung.

2. Jangan merokok
Merokok dapat menyebabkan degenerasi makula terkait usia (AMD). Perokok juga berisiko tinggi terkena katarak. Inilah salah satu tip paling ampuh untuk mencegah kehilangan penglihatan.

3. Diet yang tepat
Kekurangan vitamin atau mineral bisa mengganggu fungsi retina. Mengonsumsi berbagai buah dan sayuran dan makanan mengandung vitamin C dan E tinggi, seng, lutein, asam lemak omega-3, dan lain-lain, membantu menunda timbulnya AMD. Ini adalah salah satu tip perlindungan mata yang bisa Anda lakukan.

4. Pemeriksaan mata

Orang dewasa yang tak memiliki tanda atau faktor risiko penyakit mata harus menjalani skrining penyakit mata pada usia 40 tahun. Inilah usia ketika tanda awal penyakit dan perubahan penglihatan mulai terjadi.

BACA : Jelang Dilantik, Sandiaga Uno Tunjuk Kakak Kandungnya Ketua Program OKE-OCE

5. Riwayat keluarga

Penyakit mata bersifat genetis. Mengetahui riwayat penyakit mata keluarga Anda dan mendiskusikannya dengan dokter mata dapat membantu mengurangi risiko kehilangan penglihatan dan kondisi mata Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : www.boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro