Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi pembicara kunci pada  acara US - Indonesia Women's CEO Summit di Hotel Ritz Carlton, Washington DC, Amerika Serikat, Rabu (11/10/2017)./Instagram @ smindrawati
Relationship

4 Kunci Sukses Sri Mulyani Sebagai Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga

Nancy Junita
Kamis, 12 Oktober 2017 - 09:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi pembicara kunci pada acara US - Indonesia Women's CEO Summit di Hotel Ritz Carlton, Washington DC, Amerika Serikat, Rabu (11/10/2017).

Dikutip dari akun Sri Mulyani di Instagram, Sri Mulyani @smindrawati, dia berbagi pengalaman tentang hal yang sering ditanyakan Sri Mulyani sebagai seorang wanita, yaitu bagaimana menjadi seorang menteri dan sekaligus istri serta ibu rumah tangga.

Menurut Sri Mulyani, bahwa ada empat hal penting untuk menjadi seorang wanita karir yang sukses.

Pertama, adalah adanya role model atau teladan dari keluarga. Di keluarga, ayah dan ibu saya adalah pendidik yang mengabdi di kampus sebagai dosen. Ibu saya, menjadi inspirasi dan teladan bagi saya, karena walaupun harus mengasuh dan membesarkan anaknya yang berjumlah sepuluh orang, dia berhasil memperoleh gelar doktor.

Kedua, diperlukan dukungan keluarga yang memotivasi. Selain orangtua yang selalu mendukung untuk selalu mencapai yang terbaik, juga dukungan suami dan anak-anak sangat penting. Tidak ada hal yang tidak mungkin bila semuanya mendukung. Keluarga adalah mitra utama kita.

Ketiga, selalu memberi yang terbaik dalam bekerja. Menghabiskan sebagian besar waktu kita 8-10 jam di tempat bekerja pasti akan memberikan rasa bersalah bagi seorang wanita yang juga seorang ibu dan istri. Rasa bersalah tersebut harus dikompensasi dengan melakukan semua pekerjaan dengan baik sehingga tidak ada rasa penyesalan.

Keempat, sebagai wanita yang bekerja, kita harus saling memberi semangat dan motivasi kepada sesama wanita pekerja. Karena perjalanan karir seorang wanita tidak mudah, maka diperlukan pemberdayaan dan penguatan agar dapat saling mendukung.

“Selain itu semua, ketika kita di rumah, jangan lupa untuk melepaskan atribut di tempat bekerja dan berlaku sebagaimana seorang wanita yang menjadi istri bagi suami dan ibu bagi anak-anak kita,” tulis Sri Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro