Fotografi/youtube
Fashion

Ini Tip dan Trik Belajar Fotografi dengan Kamera Analog

Wike Dita Herlinda
Sabtu, 14 Oktober 2017 - 15:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Belakangan ini kamera analog kembali digemari oleh generasi muda Indonesia. Namun, kamera analog tidak bisa hanya sekadar digunakan untuk bergaya. Dibutuhkan keterampilan khusus untuk dapat menghasilkan gambar yang bagus.

Berikut ini beberapa tip dan trik memulai fotografi analog, sebagaimana di sarankan oleh pendiri Jellyplayground, Renaldy Fernando:

Persiapkan kamera analog pilihan Anda

Mendapatkan kamera analog bisa dari berbagai tempat, baik turunan dari orang tua, membeli di online shop, atau di toko.

Ada beberapa pilihan kamera analog preloved yang dapat ditemukan dengan budget mulai dari Rp300.000—Rp2.000.000 (atau bahkan lebih, disesuaikan dengan budget). Jenisnya pun beragam, mulai dari kamera pocket, Rangefinder, atau SLR. Pilihlah kamera sesuai kebutuhan dan budget

Bersenang-senang dengan pilihan film yang ada

Ada berbagai brand film yang dapat digunakan di kamera analog, baik berwarna maupun hitam putih. Formatnya pun ada yang 35mm dan 120mm (untuk kamera format medium).

Film akan berpengaruh terhadap tone hasil foto, oleh karena itu masing-masing film memiliki karakteristik tersendiri. Jangan lupa untuk menyesuaikan ISO dari film dengan kebutuhan foto Anda.

Ketahuilah aturan dasarnya

Salah satu hal yang harus kalian pelajari sebelum memulai fotografi analog adalah kemampuan untuk mendapatkan exposure yang baik. Exposure yang baik didapat dari ISO/ASA, Shutter Speed, dan Aperture yang sesuai. Setelah itu, pelajari komposisi dalam mengambil foto untuk hasil yang lebih menarik.

4. Cuci dan lihat hasilnya

Salah satu yang membedakan kamera analog adalah kita harus memproses film untuk mengetahui hasil foto.

Salah satu tempat yang masih menyediakan jasa cuci film di Jakarta adalah Soup ‘N Film yang merupakan laboratorium foto analog terpercaya dengan waktu proses pencucian selama 4 - 14 hari

5. Reparasi kamera

Memiliki masalah pada kamera? Atau sekedar ingin membersihkan jamur pada lensa? Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Prima Photo yang terletak di gedung Bioskop Globe.

Menurut Renaldy, dengan meningkatkan kesadaran dan mengedukasi konsumen mengenai nilai lebih dari sebuah barang lama, hal itu akan menginspirasi mereka untuk mulai mempertimbangkan barang preloved berkualitas sebagai alternatif berbelanja yang lebih bertanggung jawab.

“Kami percaya bahwa barang lama masih bisa menciptakan pengalaman baru dan bermakna karena keunikan dan nilai yang dibawa oleh barang-barang tersebut,” ujarnya, Sabtu (14/10/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro