Bir/Ilustrasi-Kaskus
Bisnis Style

Begini Cara Terbaik Menikmati Bir

Ilman A. Sudarwan
Kamis, 19 Oktober 2017 - 23:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menikmati minuman bir ternyata ada aturannya, bukan sekadar menuang minuman ke dalam gelas lalu meminumnya dalam satu kali tegukan. Hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam menikmati minuman ini ternyata ada pada penyajiannya.

Draughtbeer Facilities Supervisor Multi Bintang Indonesia Antonius Bernadi mengatakan setidaknya ada empat langkah yang perlu diperhatikan agar anda bisa menikmati bir dengan kualitas yang sempurna.

Pertama, menuangkan bir ternyata harus dalam posisi yang tepat, tidak sembarang menghadap ke arah keran semata. Posisi terbaik yang dianjurkan adalah dengan memiringkan gelas dari arah pinggir dan membiarkan air masuk dengan terlebih dahulu mengenai dinding gelas.

Selanjutnya setelah bir mulai memenuhi gelas, keran juga harus ditutup pada saat yang tepat. Melihat takaran air pada gelas, tidak boleh melebihi batas yang ditentukan, biasanya sebesar dua jari lelaki dewasa, atau 2 cm. Tapi Antonius menganjurkan untuk mengikuti patokan yang sudah ada pada gelas tertentu.

"Bir yang Anda bayar sebenarnya dari gambar bintang ini ke sampai ke bawah, sisanya itu memang foam yang ada fungsinya sendiri," katanya.

Gelas yang telah terisi penuh kemudian baiknya di-skim menggunakan alat khusus untk menutup permukaan gelas. Foam yang ditemui setelah menuangkan bir berfungsi mengunci kandungan CO2 agar tidak keluar dari dalam bir di dalam gelas. Dengan begitu rasa akan jauh lebih nikmat.

Dengan gelas yang terisi dengan bir dan foam yang sempurna, Anda tinggal langsung menikmatinya sesuai selera. Jangan terlalu lama mendiamkan bir karena jika didiamkan terlalu lama, kandungan foamnya akan semakin tipis dan memungkinkan rasa nikmatnya semakin berkurang.

"Paling lama mungkin 5-10 menit, tetapi akan lebih baik kalau segera diminum," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro