Ilustrasi/Indiatimes
Relationship

5 Alasan Perusahaan Rahasiakan Penolakan Pegawai

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 28 Oktober 2017 - 23:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan memang tidak berkewajiban untuk memberi tahu alasan penolakan seorang kandidat pegawai yang melamar kerja. 

Ketika keputusan penerimaan pegawai telah ditetapkan, sebagian perekrut hanya mengirim surat penolakan terhadap calon tenaga kerja yang tidak berhasil lolos seleksi.

Surat tersebut disusun dengan kata-kata normatif dan hanya menyebut bahwa pegawai tidak bisa bergabung menjadi keluarga besar perusahaan.

Bahkan, sebagian perekrut di perusahaan lain tidak memberi kepastian apakah calon pegawai diterima kerja atau tidak. Kandidat akan menyadari kalau tidak diterima kerja kalau perekrut tidak menghubunginya pada hari dan tanggal yang telah ditentukan.

Bagi kandidat pegawai, penolakan sudah menyakitkan. Mereka ingin segera melupakan hal buruk tersebut. Mereka merasa tidak perlu mengejar perekrut dan menanyakan alasan penolakan.

Padahal, jika kandidat mengetahui alasan penolakan, maka akan membantu fokus untuk memerbaiki area yang lemah pada sesi wawancara berikutnya. Tapi, bagi kandidat pegawai yang penasaran, mungkin tidak akan mendapat jawaban juga. Berikut alasan tim HR tidak mengungkapkan alasan penolakan calon pegawai seperti disarikan dari Career Addict yang dikutip dari Qerja.com

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro