Ilustrasi sakit perut Blogdoctoroz.com/
Health

Ini yang Terjadi Jika Anda Tidak Buang Air Besar Secara Rutin

Mia Chitra Dinisari
Senin, 30 Oktober 2017 - 14:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Seberapa sering Anda buang air besar ternyata sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda.

Menurut sebuah jajak pendapat baru-baru ini yang dilakukan di antara 200 orang dewasa, hampir separuh responden mengatakan bahwa mereka buang air kecil setiap hari.

Tidak semua orang buang air besar setiap hari dan secara rutin. Menurut ahli, hal itu tidak terlalu bermasalah. Jika Anda buang air besar tiga-5 kali dalam seminggu, maka itu bisa dikatakan ideal bagi kesehatan Anda.

Tapi, jika Anda kurang dari itu melakukannya dalam sepekan, maka itu tidak sehat. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah lain seperti kembung, kram dan sakit punggung.

Tidak buang air besar dalam beberapa hari perlu dilakukan tindakan medis lebih lanjut. Karena, jika Anda tidak buang air besar, berarti benjolan besar yang kering dan keras menempel di dalam rektum Anda.

Selain itu, sejumlah besar racun tersimpan di tubuh Anda yang seharusnya dikeluarkan melalui feses. Karena itu, Anda dianjurkan membersihkan sistem paling awal untuk mencegah penumpukan racun.

JIka hal ini terjadi pada Anda, maka perlu dilakukan beberapa tindakan untuk mengatasinya. Namun, ini juga tergantung berapa lama Anda tidak buang air besar. Berikut tips dari Boldsky untuk menangani hal tersebut

Tidak buang air besar beberapa hari
Anda perlu mengonsumi makanan berserat tinggi seperti apel . Makanan berserat tinggi akan membawa lebih banyak air ke usus Anda sehingga akan memudahkan feses mengalir keluar tubuh Anda.

Tidak buang air besar dalam seminggu
Anda harus mencoba agen osmotik yang ada dalam susu magnesium yang akan menarik cairan dari jaringan Anda ke usus Anda. Tapi karena dampak dari keluarnya cairan ini, Anda harus memastikan untuk tetap terhidrasi dengan mengonsumsi banyak cairan atau air putih.

Tidak buang air besar lebih dari seminggu
Dalam kasus ini, Anda memerlukan obat pencahar stimulan seperti Dulcolax yang akan membantu memacu gerakan otot usus Anda. Tapi Anda tidak boleh bergantung pada mereka selama lebih dari beberapa minggu, karena tubuh Anda dapat bergantung padanya, sehingga menyulitkan Anda untuk buang kotoran sendiri.

Tidak buang air besar lebih dari tiga minggu
Kondisi ini bisa dikatakan kronis untuk kesehatan tubuh Anda. Karenanya, Anda harus memeriksakan diri ke dokter dan melakukan tes, minum obat-obatan atau obat-obatan yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro