Karya seniman John Chamberlain berjudul #1 Moxie di Museum MACAN, Jakarta/Bisnis Indonesia - Dika Irawan
Show

Inilah 2 dari 90 Karya Menarik di Museum Macan

Dika Irawan
Jumat, 3 November 2017 - 21:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Museum MACAN menggelar pameran bertajuk Seni Berubah. Dunia Berubah di AKR Tower Level MM, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada 4 November – 15 Maret 2018.

Selain karena bentuknya, karya-karya yang dipamerkan terasa menggugah karena memiliki cerita di baliknya. Salah satunya karya instalasi seniman John Chamberlain berjudul #1 Moxie (painted and chronium-plated steel, 83.8 x 55.8 x 60. 4 cm, 1987). Bentuknya berupa potongan-potongan besi yang dikumpulkan, kemudian diberi sentuhan cat.

Salah satu kurator pameran, Agung Hujatnika mengatakan potongan-potongan besi itu berasal dari badan pesawat-pesawat yang mengalami kecelakaan. Sang seniman mengumpulkan potongan-potongan besi itu kemudian dibentuk menjadi karya. “Karya ini menarik untuk dilihat,” ujarnya saat memandu para awak media, Jumat (3/11/2017).

Karya lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah lukisan berjudul Ascending (Menaiki) (Gunpowder and ink on paper, 400 x 600 cm, 2002). Lukisan karya seniman asal China Cai Guo-Qiang ini menampilkan gambar tangga dan beberapa figur manusia.

Agung mengatakan, lukisan ini dibuat menggunakan mesiu. Si seniman terlebih dahulu menaburkan mesiu di atas kertas. Setelah polanya terbentuk, barulah dia membakar mesiu itu sehingga membentuk gambar. Untuk karya ini kertas yang digunakan kertas khusus.

“Karya ini juga berbicara tentang identitas berkaitan dengan bangsa China sebagai penemu mesiu,” ujarnya.

Selain kedua karya itu, pengunjung masih bisa melihat puluhan karya lainnya. Mulai dari karya para maestro hingga kontemporer. Total ada 90 karya yang disajikan pada perheletan ini. Di samping itu, pengunjung juga disuguhi puluhan arsip tentang perjalanan seni rupa di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro