Cover Buku All About Corporate Valuation/gramedia.com
Referensi

RESENSI BUKU: Memahami Valuasi Perusahaan

Wike Dita Herlinda
Jumat, 10 November 2017 - 17:25
Bagikan

Judul : All About Corporate Valuation
Penulis : Irwan Djaja

Penerbit : Elex Media Komputindo

Tebal : 488 halaman

Cetakan : Pertama, November 2017

ISBN-13 : 978-602-044-872-5

Bisnis.com, JAKARTA--Bagi seorang pemodal, kemampuan menimbang nilai suatu perusahaan adalah hal yang sangat fundamental dan penting untuk dikuasai. Apalagi, di era modern seperti saat ini, beraneka ragam perusahaan dapat dengan mudah melantai di bursa.

Persaingan bisnis di era globalisasi juga semakin ketat dan bersifat multidimensi. Pergerakan dana menjadi sangat dinamis dan bersifat global. Investasi dan pendanaan pun berkembang pesat seiring ekspansi pasar modal dan beraneka alternatif instrumen keuangan yang inovatif.

Seiring kondisi tersebut, para pemodal bisa semakin leluasa memindahkan portofolio investasinya. Agar para perusahaan dapat mempertahankan para investornya, sangat penting bagi mereka untuk melakukan penciptaan nilai (value) yang berkelanjutan.

Saat berinvestasi, seorang pemodal tentunya mengharapkan nilai investasinya terus naik dengan jumlah yang lebih besar dari nilai kompensasi atas risiko yang diambilnya, dengan mempertimbangkan nilai pada saat dia melakukan investasi.

Valuasi perusahaan menjadi agenda kerja yang sangat penting bagi manajemen. Untuk melakukan penciptaan nilai, manajemen perusahaan perlu mengetahui bagaimana memetakan, menciptakan, mengukur, dan merealisasikan nilai perusahaan tersebut.

Nilai atau valuasi tersebutlah yang menjadi pertimbangan dalam menentukan keputusan berinvestasi seorang pemodal, pendanaan, hingga pembagian dividennya.

Seluk beluk valuasi perusahaan itu diulas dalam buku All About Corporate Valuation oleh Irwan Djaja.

Buku setebal 488 halaman tersebut mengupas secara komprehensif serba-serbi valuasi perusahaan, dilengkapi dengan berbagai contoh dan studi kasus yang mudah dipahami bahkan oleh pembaca yang awam dengan dunia pasar modal.

Buku ini juga memaparkan bagaimana teori menilai sebuah perusahaan, dengan menggunakan berbagai metode yang komprehensif. Harapannya adalah agar para pemodal dapat melihat nilai wajar dari perusahaan, dan dapat memperjelas keputusan investasi yang akan ditempuh.

Secara umum, buku ini mengajak pembaca menyadari pentingnya mengetahui nilai wajar sebuah perusahaan agar jangan sampai nilai barang yang dibeli tidak sesuai dengan nilai uang yang dibayarkan.

Buku ini juga cocok dijadikan referensi bagi generasi muda dan semua pihak yang tertarik mempelajari tentang valuasi. Sebab, apa pun profesinya, siapa pun tidak bisa terlepas dari tuntutan untuk memahami angka dan nilai dari sesuatu.

Bagi perusahaan, khususnya perusahaan terbuka, buku ini juga memberi banyak referensi tentang bagaimana menumbuhkan nilai perusahaan. Apalagi, teori dan pemaparan yang tersaji di dalam buku ini cukup jelas dan mudah dimengerti, sehingga layak dijadikan handbook bagi siapa saja.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro