Olah raga untuk kesehatan./Istimewa
Health

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan dari Kementerian Kesehatan

Rachmad Subiyanto
Rabu, 15 November 2017 - 12:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Saat musim hujan biasanya muncul banyaknya keluhan akan penyakit. Stamina yang turun menjadi salah satu penyebab selain kelembaban udara yang mendorong berkembangnya mikroorganisme yang merugikan.

Kementerian Kesehatan dalam rilisnya mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan saat musim hujan. “Penyakit yang biasa muncul diantaranya diare, leptospirosis, dan penyakit kulit. Oleh karena itu, tetap waspada apabila terjadi hujan lebat berkepanjangan. Selalu jaga kesehatan diri dan keluarga serta menjaga kebersihan lingkungan,” Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Oscar Primadi.

Kementerian Kesehatan pun memberikan empat tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan selama musim hujan.

1. Jaga pola makan
Berdasarkan pedoman gizi Kementerian Kesehatan, sarapan dilakukan antara bangun pagi sampai pukul 09.00 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15% - 30% kebutuhan gizi)

2. Olah raga
Di musim hujan, sistem kekebalan tubuh harus dijaga untuk menangkal serangan penyakit. Olah raga merupakan cara sederhana dan mudah dengan manfaat yang besar. Latihan fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih.

3. Jaga kualitas tidur
Kualitas tidur ditentukan pula oleh lama waktunya. Untuk anak prasekolah (3-5 tahun), waktu tidur yang ideal adalah antara 10 – 13 jam sehari. Adapun, untuk remaja (14 -17 tahun) waktu tidur ideal adalah antara 8 – 10 jam sehari). Sementara bagi orang dewasa (26 – 64 tahun) waktu tidur idealnya adalah antara 7 – 9 jam.

4. Kelola stres
Manajemen stres dapat dilakukan dengan menenangkan diri melalui relaksasi yang bisa dilakukan dimanapun, kapanpun, dengan membiarkan tubuh menerima rangsangan apapun, baik berupa suara, bau, atau sentuhan yang dapat menenangkan diri. Ketika musim hujan, biasanya macet akan lebih panjang dan stres pun rentan tercipta. Mengelola stres akan membantu menjaga kestabilan tubuh

Itu tadi empat tips dari Kementerian Kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro