Museum Vatikan/Indonesia.travel
Fashion

Diplomasi Seni: China dan Vatikan Saling Bertukar Karya Seni

Dika Irawan
Rabu, 22 November 2017 - 15:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seni menjadi cara bagi Vatikan dan China untuk saling mencairkan hubungan mereka yang selama ini tegang. Lewat diplomasi seni, Vatikan dan China bertukar karya-karya seni mereka seperti lukisan, vas hingga pahatan.

Tercatat 40 karya dari Vatikan akan dipamerkan di Kota Terlarang, Beijing. Sebelumnya sebanyak 40 karya dari China mejeng di Museum Vatikan pada Maret lalu.

"Hal ini akan menjati peristiwa yang mengatasi batas waktu dan menyatukan budaya yang berbeda," kata Zhu Jiancheng, Kepala Dana Investasi Budaya China seperti dikutip dari Reuters, Rabu (22/11/2017).

Dia menambahkan, diplomasi seni ini akan memperkuat serta menormalisasi persahabatan antara China dan Vatikan.

Hubungan Vatikan dan Beijing selama ini tidak berjalan harmonis. Orang-orang Katolik China dibagi menjadi dua yaitu mereka yang setia kepada Paus disebut gereja bawah tanah dan yang diakui negara dikenal sebagai Asosiasi Patriotik Katolik China. Perselisihan terjadi karena Vatikan mendesak penunjukan uskup harus berasal dari Paus bukan pemerintah.

Paus Francis dan pendahulunya Benediktus serta John Paul telah mencoba memperbaiki hubungan dengan Beijing Yang diputus oleh Partai Komunis China pada 1951. Namun upaya kesepakatan seringkali terhenti.

“Tanpa rasa takut dan tidak ada penghalang, keindahan dan seni benar-benar merupakan sarana dialog. Ini adalah kunci kesuksesan yang kami, di Museum Vatikan, suka menyebut 'diplomasi seni," kata Barbara Jatta, direktur Museum Vatikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro