Corynebacterium diphtheriae penyebab difteri./wikipedia
Health

WABAH DIFTERI : Jabar Gelar Imunisasi Serentak

Newswire
Kamis, 7 Desember 2017 - 15:21
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG -Imunisasi serentak dipilih sebagai cara untuk mencegah wabah difteri di Jawa Barat.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat akan menggelar imunisasi serentak untuk anak usia satu hingga 19 tahun terkait upaya pencegahan wabah difteri di lima kabupaten/kota dan diperkirakan ada sekitar 3.629.178 anak usia 1-19 tahun yang menjadi sasaran program imunisasi serentak ini.

"Terkait dengan kondisi tersebut, maka Insya Allah mulai minggu depan akan dilaksanakan ORI atau Outbreak Respon Imunization kepada semua anak mulai satu sampai 19 tahun yang ada di Jawa Barat," kata Kepala Seksi Surveilan dan Pencegahan Penyakit Dinkes Jawa Barat dr Yus Ruseno, di Bandung, Kamis (7/12/2017).

Ia mengatakan keputusan untuk menggelar imunisasi serentak itu merupakan hasil rapat Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, pada Rabu (6/12).

Jumlah kasus penyakit difteri yang tercatat hingga 4 Desember 2017 di Jawa Barat ialah mencapai 116 kasus dengan 13 kematian anak, sementara hingga Kamis ini jumlah kasus difteri di Jabar menjadi 123 kasus dan belum ada korban tambahan.

Daerah yang paling banyak penderita difteri di Jawa Barat adalah di Kabupaten Purwakarta dan Karawang dengan rincian Kabupaten Purwakarta dari 21 menjadi 27 kasus dan Kabupaten Karawang semula 13 menjadi 14 kasus.

Yus Ruseno mengatakan dengan adanya penambahan kasus tersebut dikarenakan pasien dirawat di rumah sakit swasta dan telat melaporkannya pada dinas kesehatan setempat.

"Untuk Provinsi Jawa Barat pelaksanaan ORI akan digelar di Karawang, Purwakarta, Depok , Kota dan Kabupaten Bekasi," kata dia.

Menurut dia imunisasi masal tersebut akan dilakukan tiga kali perorangnya yakni imunisasi pertama, lalu setelah satu bulan diimunisasi lahir, terakhir setelah enam bulan untuk dapat kekebalan yang sempurna.

Selain itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat terus menelusuri jejak penyebaran penyakit difteri atau infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit.

"Kami terus menelusuri jejak penyebaran penyakit difteri di Jawa Barat, kemudian mengobati para penderitanya secepat mungkin," kata Yus Ruseno.

Seharusnya, penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini tidak muncul kembali di Provinsi Jawa Barat, karena telah diantisipasi melalui vaksinasi.

Yus mengatakan, sejak awal 2017 sampai Rabu (6/12), terdapat 123 kasus difteri di Jawa Barat dan jika muncul satu kasus difteri saja di Jawa Barat maka dinyatakan sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Menurut dia, daerah dengan jumlah kasus difteri tertinggi di Jawa Barat adalah Kabupaten Purwakarta dengan 27 kasus, Kabupaten Karawang 14 kasus, Kota Depok 12 kasus, Kota Bekasi 12 kasus, Kabupaten Garut 11 kasus, Kota Bandung 7 kasus. Sisanya, tersebar di 14 kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro