Ilustrasi/Popsugar
Relationship

Tips Karir: Tetap Produktif Saat Slow Day di Kantor

Dika Irawan
Kamis, 7 Desember 2017 - 03:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar dari kita tidak sering mengalami hari dimana kita tidak punya banyak pekerjaan. Akan tetapi, sesekali hari tersebut datang. Ketika kita mengalami hari tersebut, itulah saatnya dimana kita harus menjadi ekstra produktif dan tetap bekerja.

Masalah dari kesibukan bekerja terus menerus adalah bahwa kita kehilangan kesempatan untuk merencanakan dan menata. Sebaliknya, kita terjebak dalam siklus tanpa henti dalam mengejar ekor kita sendiri.

Agar lebih optimal memanfaatkan waktu itu, berikut tips dari Jobstreet:

Get Organised

Anda tahu trilyunan email yang ada di inbox Anda? Inilah saatnya untuk memilah-milah email itu. Tatalah email tersebut kedalam folder-folder yang tepat, hapuslah junk mail, dan arsipkan email yang sudah dikerjakan. Ketika Anda melakukannya, rapikan file di computer Anda juga. Hal ini tidak hanya akan memudahkan Anda, tapi juga akan menambah daya simpan dan mempercepat komputer Anda. Sangat mengejutkan betapa cepatnya file-file itu menumpuk!

Bersihkan Meja Anda

Jika Anda seperti kebanyakan orang bekerja lainnya, Anda akan cenderung punya bermacam-macam kertas, majalah, and brosur yang menumpuk di atas meja. Kebanyakan benda tersebut akan mungkin tetap ditempatnya selama berbulan-bulan (bahkan bertahun-tahun). Ya, inilah kesempatan Anda untuk membersihkan meja Anda. Ini akan menjadi hampir seperti tempat kerja baru saat Anda selesai membersihkannya!

Membuat Daftar yang Harus Dikerjakan Minggu Depan

Merencanakan beban kerja Anda jauh-jauh hari adalah cara terbaik untuk melacak tugas-tugas Anda dan tetap mengutamakan yang terpenting. Manfaatkan hari santai Anda untuk membuat daftar pekerjaan Anda untuk minggu depan. Meninjau tugas-tugas Anda untuk minggu berikutnya juga membantu Anda bersiap-siap secara mental dan menjaga hal-hal berjalan dengan lancar.

Perbarui Catatan Pencapaian Anda

Jika Anda belum punya, inilah saatnya untuk membuat buku harian untuk mencatat dan melacak pencapaian Anda selama ini. Hal ini tidak hanya berguna untuk review kinerja, akan tetapi juga dapat menjadi referensi yang berguna saat kita perlu untuk memperbarui resume di masa yang akan datang.

Kita seringkali berjuang untuk mengingat tepatnya apa yang kita sudah capai selama bertahun –tahun; membuat daftar pencapaian tersebut secara berkala adalah pengingat yang baik akan sampai sejauh apa kita saat ini dari saat pertama kali kita memulai karir kita.

Belajar Ketrampilan Baru

Proses belajar tidak akan berakhir, dan mempelajari sesuatu yang baru selalu bermanfaat untuk perkembangan personal kita sebagaimana untuk perusahaan. Hal ini juga tidak akan pernah terlalu mudah dengan spektrum platform belajar online yang luas dan tutorial gratis dari kami saat ini.

Tinjau Perkembangan Karier Anda

Membuat daftar kemajuan karir Anda itu penting. Evaluasi apa yang telah Anda pelajari dan capai sejak Anda memulai pekerjaan Anda saat ini dan refleksikan apakah Anda menuju kearah yang tepat. Jika Anda stagnan sepanjang jalan, saat ini akan menjadi saat yang baik untuk bertanya pada diri Anda sendiri penyebabnya dan mulai mendaftar tujuan-tujuan baru untuk kembali ke jalur yang benar. Selalu ada sesuatu yang produktif yang bisa kita lakukan saat ada jeda dalam hari kerja kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro