Tari zumba/Istimewa
Health

Tak Hanya Bakar Kalori, Zumba Juga Sehatkan Mental

Nancy Junita
Jumat, 8 Desember 2017 - 08:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda mungkin menganggap menari zumba sebagai bentuk hiburan atau hobi, tapi ada beberapa bentuk tarian yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Sebuah studi baru menemukan bahwa terlibat dalam tarian zumba selama sekitar lima minggu tidak bisa hanya membantu seseorang untuk tetap sehat secara fisik tetapi juga meningkatkan kesehatan mental dan kualitas hidup. Jadi apa sebenarnya zumba dan bagaimana cara melakukannya?

Zumba adalah program latihan kebugaran yang melibatkan gerak tari dan aerobik yang dilakukan pada musik yang energik. Koreografi menggabungkan hip-hop, samba, salsa, dan mambo, juga squats dan lunges. Untuk penelitian ini, peneliti telah meneliti sejumkah orang yang menjalankan gaya hidup zumba.

Mereka berpartisipasi dalam program latihan zumba selama lima minggu berdasarkan disiplin Zumba Fitness. Menurut para peserta, zumba membantu mereka meningkatkan kualitas hidup, terutama aspek emosional, yang tercatat paling sedikit pada peserta ini.

Kualitas hidup adalah konsep yang luas yang terdiri dari berbagai aspek dan terbagi menjadi delapan dimensi: sosial, emosional, keadaan fisik, sakit fisik, fungsi fisik, vitalitas, kesehatan mental dan kesehatan umum.

Menarik untuk dicatat bahwa dimensi emosional, yang merupakan nilai terendah di awal, adalah nilai tertinggi pada akhir program latihan, kata pemimpin peneliti Yaira Barranco Ruiz, dari Universitas Granada ( UGR) di Spanyol.

Apalagi, bahkan dua bulan setelah intervensi berakhir, sebagian besar dimensi terus mempertahankan tingkat di atas yang tercatat di awal program, kata periset. Penelitian ini diterbitkan dalam Health Education Journal.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : www.boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro