George Clooney dan istrinya Amal Clooney/Istimewa
Relationship

Berapa Beda Usia Ideal untuk Pasangan Suami–Istri ?

JIBI
Minggu, 17 Desember 2017 - 01:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cinta tak memandang perbedaan. Seperti kisah cinta Amal Clooney, 39 tahun, dan George Clooney, 56 tahun, yang tetap harmonis meski memiliki perbedaan latar belakang budaya dan usia yang terpaut 17 tahun.

Ada juga kisah cinta Brigitte Macron dengan Macron Emmanuel yang usianya 24 tahun lebih muda dari suaminya.

Kisah cinta beda usia yang jauh juga dialami Elly Sugigi, 46 tahun. Elly Sugigi pernah menikah dengan Bagus yang usianya 15 tahun lebih muda dan Ferry Anggara yang 20 tahun lebih muda, atau seumur dengan anak Elly Sugigi. Sayang, pernikahan Elly Sugigi dengan pria yang usianya jauh lebih muda berujung pada perceraian.

Ada anggapan di masyarakat perbedaan usia ideal dalam menjalin hubungan adalah kurang dari 10 tahun. Jika melebihi, kurang wajar.

Menurut psikolog dari Pusat Informasi dan Rumah Konsultasi Tiga Generasi, Anna Margaretha Dauhan, stigma sosial dari masyarakat juga menjadi salah satu problematika yang akan terjadi dalam hubungan dengan beda usia yang terlalu jauh. Sebab bagi masyarakat, hal semacam itu tidak lumrah.

Anna Margaretha menjelaskan, setiap hubungan pasti punya cobaan dan tantangan yang berbeda. Sebab itu, menurut Anna, apa pun persoalannya, kuncinya adalah memahami diri sendiri, pasangan, dan tantangan yang akan dihadapi dalam suatu hubungan.

Bentuklah komunikasi aktif dengan pasangan dan berlatih mengelola konflik, terutama dalam hal perbedaan pandangan. Itu akan sangat membantu membentuk hubungan yang harmonis meski dengan perbedaan usia yang jauh sekali pun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro