Tulisan tangan Ahok yang diunggah ke akun twitter @basuki_btp oleh tim BTP untuk mengungkapkan rasa terimakasih atas ucapan dan kado untuk ulang tahunnya ke 51 hari ini. (ANTARA News/ @basuki_btp)
Fashion

Grafolog, Kenali Kondisi Psikologis Melalui Tulisan Tangan

Dika Irawan
Selasa, 19 Desember 2017 - 03:21
Bagikan

Bisnis.com,  JAKARTA – Tulisan tangan pada secarik kertas tidak dapat disepelekan. Sebab di sanalah tersimpan informasi mengenai karakter si pemilik tulisan tersebut. Dalam bidang keilmuan dikenal grafologi, ilmu yang menganalisa kondisi psikologis lewat tulisan tangan.

Di Eropa ilmu ini sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Sedangkan di Indonesia masih belum lama. Bisa jadi masih asing di telinga sebagian orang.

Grafolog Debora Dewi menuturkan sejak sejak 2011 mengenalkan grafologi ke Indonesia hingga kini responnya cukup positif. Orang-orang mulai mendalami ilmu ini dan juga memanfaatkannya untuk keperluan mereka.

“Saya memilih memutuskan untuk memilih profesi ini karena melihat ilmu ini sebagai solusi. Awalnya tentu berat karena saya terasa single fighter sekali. Tetapi makin ke sini makin bersyukur selain melihat manfaat banyak. Grafolog antusias semakin tumbuh sampai sekrang,” ujarnya dalam bincang-bincang dengan awak media di Jakarta, Senin (18/12/2017).

Ada alasan kenapa ilmu ini layak dimanfaatkan. Dia menjelaskan meski saat sekolah dasar tiap orang diajarkan cara menulis yang sama. Tetapi dalam perjalanannya, tiap orang memilik tuisan tangan yang berbeda-beda. Bahkan saat seseorang diminta menuliskan secara sama tulisan tangan orang lain, tidak bisa melakukannya. Hasilnya akan tetap berbeda.

Dia mengatakan, dalam grafologi hal itu terjadi karena tulisan tangan berasal dari otak atau brain writing. Tulisan tersebut bukan digerakan dari tangan melainkan otak. Sekalipun seseorang tersebut tidak memiliki tangan, mereka dapat menulis dengan organ tubuh lain karena otaknya yang menggerakan.

“Kenapa tulisan orang berbeda-beda karena tiap orang memiliki otak yang berbeda-beda,” ujarnya.

Dengan kata lain ada hubungan antara tulisan tangan dengan karakter. Di sinilah grafologi berada untuk menemukan karakter seseorang dari tulisan tangannya. Dengan indikator-indikator yang sudah ditetapkan, grafolog dapat membaca karakter seserorang.

“Di sini betapa powerful ilmu ini yang dikenal dengan ilmu grafologi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro