Ilustrasi/Sheknows
Health

10 Resolusi Hidup Lebih Sehat di Tahun 2018

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 Desember 2017 - 14:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - "Tahun Baru, New Me", ini adalah kutipan yang sangat populer, yang digunakan oleh banyak dari kita, setiap tahun, seperti tahun baru lainnya, bukan? Itu karena naluri alami banyak orang ingin memulai lagi dengan tahun baru, dengan mengubah kebiasaan gaya hidup menjadi lebih baik!

Sebagai manusia, kita selalu berusaha untuk memiliki yang terbaik dari semuanya, baik itu kesehatan atau kualitas hidup; dan kita juga tahu bahwa untuk mencapai kualitas hidup yang baik, kita harus berusaha keras mencapainya, karena hal itu tidak dapat terjadi dengan sendirinya!

Resolusi tahun baru Sebagai contoh, jika kita makan secara teratur dan makanan kita kebanyakan terdiri dari makanan yang mengandung lemak dan minyak tinggi, maka adakemungkinan besar kita dapat menderita masalah berat badan dan penyakit pencernaan.

Demikian pula, jika kita tidak mengelola tingkat stres dan masalah temperamen kita, kita juga bisa menderita penyakit mental seperti kegelisahan dan depresi. Jadi, sangat jelas bahwa jika seseorang ingin tetap sehat, dia harus melakukan usaha sadar, setiap hari, terutama saat mereka mulai menua!

Tanpa kesehatan yang baik, banyak hal baik lainnya dalam hidup tidak bisa dinikmati sepenuhnya! Bayangkan ini, seseorang bekerja keras setiap hari di bisnisnya dan mencapai kesuksesan dan uang yang besar; Namun, dia telah mengabaikan kesehatannya selama ini, jadi dia menjadi korban masalah kesehatan serius. Bisakah dia menikmati buah kerja kerasnya di depan bisnis? Tidak, Karena tidak ada jumlah keberhasilan dan uang yang bisa menyamakan kesehatan yang baik!

Jika kita berusaha tetap sehat, maka kita bisa selalu cukup kuat untuk mencapai tujuan kita yang lain. Jadi, sangat penting untuk melakukan upaya sadar untuk tetap sehat, memulai tahun baru ini! Simak beberapa resolusi kesehatan terpenting yang harus dibuat tahun ini seperti dikutip Boldsky.com

1 Mengurangi asupan gula

Banyak dari kita secara sadar atau tidak sadar mengkonsumsi banyak gula setiap hari. Bahkan sejumlah kecil gula yang ditambahkan ke minuman, atau sepotong kecil kue / coklat / manis, dan lain-lain, yang kita makan dapat memiliki dampak yang luar biasa pada kesehatan kita dan dapat menyebabkan penyakit serius. Sehingga, mengurangi asupan gula dapat membuat banyak perbedaan!

2. Mengisi Teka-Teki

Banyak dari kita tidak akan menyelesaikan tugas memecahkan teka-teki, teka-teki silang, permainan memori, dan sebagainya, sangat serius setelah kita dewasa. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa mempraktikkan aktivitas tersebut secara teratur dapat menjaga agar sel otak Anda tetap aktif dan mencegah degenerasi sel otak, sehingga mengurangi risiko penyakit Alzheimer, demensia, dll.

3. Membuat Jurnal Kesehatan

Biasanya bagi kebanyakan orang untuk terjebak dengan kesibukan kita dan mengabaikan tanda-tanda tertentu yang bisa menandakan adanya penyakit. Membuat jurnal kesehatan mencatat perubahan dalam kesehatan Anda, betapapun kecilnya, dapat membantu Anda mendeteksi adanya penyakit, jika ada, lebih cepat, sehingga Anda bisa mendapatkan pertolongan pada waktunya.

4. Setop kebiasaan buruk

Anda Ingin berhenti merokok, minum, obat-obatan terlarang dan kebiasaan buruk lainnya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, kebiasaan ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan bahkan bisa menyebabkan kematian, terlepas dari penyakit mental dan psikologis yang serius. Jadi, membuat resolusi untuk berhenti dari kebiasaan buruk Anda dan berpegang pada janji ini dapat banyak membantu Anda!

5. Mengelola Stres

Stres adalah salah satu akar penyebab sejumlah penyakit yang dialami manusia saat ini, baik psikologis maupun fisiologis. Kanan dari sakit kepala ringan sampai penyakit seperti kanker, stres telah dikaitkan dengan mereka! Jadi, bermeditasi secara teratur, mengkonsumsi makanan yang meningkatkan serotonin di otak Anda dan menjauh dari situasi stres juga bisa membuat Anda tetap sehat.

6. Olahraga rutin

Ini mungkin terdengar seperti resolusi tahun baru yang sangat klise, tapi ini juga sangat penting karena olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk tetap fit, menghindari dan mencegah banyak penyakit dan juga untuk melepaskan "hormon bahagia "di otakmu Pilih jenis latihan yang akan membuat Anda bertahan lama dan berlatih setiap hari!

7. Refreshing

Istirahat dari rutinitas stres atau monoton Anda dapat menyegarkan sel otak Anda dan juga meningkatkan kekebalan tubuh Anda, sehingga membuat Anda tetap sehat. Mengambil liburan sesekali atau beberapa hari libur bisa membuat perbedaan.

8. Persiapkan Makanan Anda

Jika Anda adalah seseorang yang bekerja atau belajar dan menghabiskan sebagian besar waktu di luar rumah Anda, pastikan Anda menyiapkan makanan sehat di rumah untuk dibawa bersamamu. Makan secara teratur, bahkan di restoran terbaik pasti bisa berdampak negatif pada kesehatan Anda.

9. Jaga Kebersihan Gigi

Cukup menyikat gigi dua kali sehari tidak cukup jika Anda menginginkan kesehatan mulut yang luar biasa. Flossing secara teratur, hindari makanan bergula, pergilah ke dokter gigi Anda untuk pembersihan dan pemeriksaan rutin juga penting. Kebersihan mulut yang buruk dikaitkan dengan penyakit jantung!

10. Kurangi Penggunaan Smartphone

Saat ini, ini adalah fakta bahwa sulit melakukan tugas sehari-hari, tanpa bantuan smartphone dan gadget lainnya; Namun, banyak dari kita juga menggunakannya secara berlebihan, hanya untuk keperluan hiburan. Memotong penggunaan smartphone juga bisa membuat Anda lebih sehat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro