Ringo Starr/Reuters-Ueslei Marcelino
Entertainment

Ringo Starr Dapatkan Gelar Bangsawan dari Ratu Inggris

Ilman A. Sudarwan
Senin, 1 Januari 2018 - 19:11
Bagikan

Bisnis.com, LONDON - Bekas penabuh drum The Beatles Ringo Starr mendapat gelar bangsawan setelah namanya masuk ke dalam daftar nama kehormatan tahun baru dari Ratu Elizabeth. Daftar nama penghargaan tersebut drilis pada Minggu (31/12/2017) waktu setempat.

Starr mendapatkan penghargaan tersebut bersama beberapa musisi dan pegiat seni lainnya seperti penyanyi Bee Gees Barry Gibb, penulis Michael Morpurgo, dan penari balet Darcey Bussell. Masing-masing dari mereka diangkat menjadi kesatria, dan akan ditambahkan gelar Sir di depan nama mereka.

Starr yang memiliki nama asli Richard Starkey bergabung dengan Beatles sebagai pengganti Pete Best di posisi drummer pada 1962. dalam beberapa kesempatan, selain menabuh drum, Starr juga menjadi vokalis untuk band tersebut. Di antaranya untuk lagu Yellow Submarine dan With a Little Help from My Friends.

Namanya masuk ke dalam Hall of Fame Rock and Roll sebagai bagian dari Beatles pada 1988. Pada 2015 dia kembali masuk ke dalam daftar tersebut sebagai musisi solo berkat karirnya setelah grup musik asal Liverpool, Inggris, itu bubar.

Sementara Gibbs adalah musisi Inggris yang membentuk Bee Gees bersama Robin dan Maurice bersaudara. Dia juga merekam beberapa lagu pop klasik seperti Staying Alive dan Night Fever dari film Saturday Night Fever.

Jika Gibbs dan Starr adalah musisi, lain halnya dengan Morpurgo, dia adalah penulis Inggris yang dikenal lewat novel War Horse. Dia juga pernah menjadi Children's Laureate dari 2003 sampai 2005.

Sementara Bussel adalah mantan penari untuk Royal Ballet yang saat ini juga terdaftar sebagai salah satu dari empat juri dalam kontes Strictly Come Dancing yang ditayangkan BBC TV.

Penghargaan Tahun Baru telah diberikan sejak zaman ratu Victoria pada abad 19. Tujuannya tidak hanya memberi penghargaan kepada figur yang sudah dikenal secara luas, tetapi juga kepada mereka yang dianggap berkontribusi terhadap kehidupan nasional yang mungkin tidak pernah disebutkan selama bertahun-tahun.

Pada kategori tersebut, penghargaan diberikan kepada Margaret Jamieson dari toko amal Blue Door di pulau Orkney, Skotlandia. Penghargaan yang sama juga diberikan kepada Geoffrey Evans, konselor lokal di Falmoth, Cornwall.

Selain itu penghargaan juga diberikan kepada aktor Hugh Laurie. Dia mendapatkan medali CBE. Laurie mendapatkaan penghargaan tersebut bersama Alexandra Shulman yang merupakan mantan editor Vogue dan penulis Jilly Cooper.

Terakhir penghargaan juga diberikan kepada kapten tim nasional kriket Inggris Heather Knight yang mendapatkan medali OBE. Sementara itu, penyanyi hip hop Richard Cowie alias Wiley juga mendapat medali MBE bersamaan dengan atlet paralympic Stefanie Reid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro