Terlambat kerja7/
Fashion

Ini Penyebab Orang Indonesia Suka Ngaret

Dika Irawan
Sabtu, 6 Januari 2018 - 12:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menyoal budaya ngaret di Indonesia memang sudah jadi rahasia umum. Sosiolog Nia Elvina berpendapat hal itu berkelindan dengan nilai yang berkembang pada masyarakat terutama nilai kemauan untuk maju dan budaya patron-klien.

“Nilai kemauan untuk maju di masyarakat kita memang masih sangat rendah sehingga muncul fenomena tidak menghargai waktu,” ujar sosiolog dari Universitas Nasional ini saat dihubungi oleh Bisnis, Sabtu (6/1/2018).

Selanjutnya, fenomena ini kian berkembang dengan diperkuat oleh prilaku para elit yang juga kemajuan untuk majunya juga sangat rendah. Umpamanya, waktu rapat anggota DPR atau rapat kabinet ngaret atau datang sekadar isi absen. “Masyarakat kita karena masih menganut budaya patron-klien, tadi ikut meniru kebiasaan para elit tadi,” ujarnya.

Dia menambahkan sebenarnya bangsa Indonesia juga sudah didesain oleh pendiri bangsa ini dengan nilai demokrasi Pancasila yang mencukup aspek politik, sosial dan ekonomi. Didalamnya sudah termasuk nilai untuk maju.

“Pratiknya saja kita ini yang mandek, karena pemangku atau para elit bangsa ini banyak yang tidak paham atau minim pengetahuannya tentang nilai yang dibangun para pendiri bangsa tadi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro