Musik

RnB dan Hip Hop Genre Musik Terbesar di AS

Ilman A. Sudarwan
Sabtu, 6 Januari 2018 - 06:16
Bagikan

Bisnis.com, LOS ANGELES - Berdasarkan laporan dari Nielsen Music pada Rabu (4/1/2017) waktu setempat, Genre musik rhytm and blues (RnB) dan hip hop berhasil kalahkan genre musik rock sebagai genre musik terbesar di A.S. untuk pertama kalinya pada 2017. Sementara album "Divide" dari penyanyi pop Inggris Ed Sheeran berhasil menghasilkan single terlaris sepanjang 2017.

Didukung oleh peningkatan sebsar 72% dalam layanan streaming audio, delapan dari sepuluh album dalam daftar 10 terlaris 2017 berasal dari genre hip hop dan RnB, termasuk album "DAMN" dari Kendrick Lamar, "More Life" dari Drake, dan "24K Magic" dari Bruno Mars.

Kedua genre tersebut juga mendominasi penganugerahan Grammy pada akhir Januari 2018. Penyanyi Jay-Z dan Lamar mendominasi nominasi pada ajang tersebut.

Refleksi lain yang bisa menunjukkan bahwa saat ini genre musik rock mulai tidak lagi digemari anak muda saat ini adalah festival musik Coachella yang akan diselenggarakan pada April mendatang. Untuk pertama kalinya, festival yang telah berusia 19 tahun ini tidak memasukkan sama sekali musisi rock dalam line-up yang dirilis pada awal pekan ini.

Sementara itu, album "Reputation" dari penyanyi pop Taylor Swift berhasil mencatatkan penjualan album terbesar sepanjang 2017 dengan 1,9 juta unit. Album pertama Swift dalam 3 tahun terakhir ini, sempat tidak tersedia dalam layanan streaming selama tiga pekan pertama setelah dirilis pada November 2017.

Meski secara angka penjualan dimenangkan oleh Swift, album yang menguasai radio, digital, dan layanan streaming selama 2017 adalah album "Divide" dari Ed Sheeran. Album ini berhasil terjual sebanyak 2,7 unit, termasuk pula aktivitas steraming album ini.

Lagu "Shape of You" yang ada dalam album ini tak kalah menarik. Lagu tersebut berhasil merajai tangga lagu Billboard Hot 100 dan didengarkan melalui layanan streaming sebanyak 1 miliar kali.

Tangga lagu Billboard menghitung penjualan unit berdasarkan penjualan album, lagu (10 lagu setara 1 album), dan aktivitas streaming (1.500 aktivitas setara dengan 1 album).

Sementara itu, berdasarkan riset yang sama, penjualan Vinyl terus meningkat selama 12 tahun berturut-turut. Tahun 2017, penjualan piringan hitam ini meningkat sebesar 9% dibanding tahun sebelumnya.

Album piringan hitam paling laris tahun 2017 adalah album The Beatles "Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro