Psikolog anak dan keluarga Vera Itabiliana Hadiwidjojo/Antara
Relationship

Ini Sebabnya Orangtua Perlu Jelaskan Perceraian pada Anak

Newswire
Rabu, 10 Januari 2018 - 06:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orangtua perlu menjelaskan pada anak soal perceraian yang mereka alami, menurut psikolog anak dan keluarga Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

"Jika tidak, anak-anak akan bingung mengapa ini (perceraian) terjadi. Dan mereka bisa membentuk asumsi sendiri yang kurang baik dampaknya seperti menganggap bahwa karena mereka-lah perceraian terjadi," kata Vera, Selasa (9/1/2018).

Penjelasan terhadap anak itu sebaiknya dilakukan dengan bahasa anak dan disesuaikan dengan pemahaman anak. Penjelasan yang ideal dilakukan oleh kedua ortu di depan anak-anak.

Tidak perlu mendeatil tentang penyebabnya. Misalnya, orangtua dapat menjelaskan bahwa mereka bisa berhubungan lebih baik sebagai teman baik, bukan lagi suami istri yang cekcok terus.

“Penjelasan ini juga perlu disertai dengan penekanan bahwa anak-anak tidak akan kehilangan orangtua mereka meski tinggal terpisah. Tekankan bahwa ayah ibu tetap menjadi orangtua mereka yang akan selalu menyayangi dan bertanggung jawab atas diri anak-anak,” ujar Vera.

Hal ini penting untuk menenangkan anak yang takut kehilangan orangtua mereka setelah bercerai. Selain itu, penting juga untuk menyampaikan jadwal pasti kapan anak dapat bertemu dengan orangtua yang tidak tinggal bersama.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Newswire
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro