Ilustrasi/Twitter
Health

2025 Terjadi Mobilitas Dokter Asean, Dokter Indonesia Harus Siap Bersaing

Feri Kristianto
Minggu, 14 Januari 2018 - 19:55
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR—Dokter di Bali disarankan meningkatkan kompetensi agar dapt bersaing pada era persaingan bebas yang dimulai pada 2025.

Wagub Bali Ketut Sudikerta berharap para dokter diharapkan mengikuti pendidikan, kursus ataupun pelatihan yang bisa meningkatkan kompetensinya di bidang medis.

"Saya mengajak dokter meningkatkan kualitasnya sehingga nantinya bisa bersaing secara global,” kata Sudikerta saat menghadiri Pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Bali Masa Bhakti 2017-2020, Minggu (14/1/2018).

Dokter I Gede Putra Suteja terpilih sebagai ketua Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Bali Masa Bhakti 2017-2020.

Sudikerta juga meminta IDI wilayah Bali selaku organisasi yang menaungi para dokter di Bali melindungi para anggotanya, seperti membuat peraturan yang berpihak kepada para dokter di Bali.

Ketua Umum PB IDI Prof.Dr.Ilham Oetama Marsis,Sp.OG mengatakan sesuai dengan ASEAN Framework Agreement of Services, pada 2025 akan terjadi mobilisasi dokter antar ASEAN yang bergerak dengan bebas.

Mengawali hal tersebut, pada 2017 yang lalu telah terjadi kesepakatan membuat sistem informasi terbuka, nantinya data dokter dan distribusi dokter di Indonesia akan terlihat dengan jelas.

Selain itu akan ada penyamaan kompetensi sehingga akan dibuat satu standar dokter di ASEAN.

Dia khawatir para dokter masih harus mengejar ketertinggalan dengan negara lain. Gap antara kita dengan Singapura misalnya, masih cukup jauh kalau dibandingkan. Indonesia masih melakukan penelitian untuk treatment stem cell, Singapura sudah menerapkan hal itu di rumah sakit, jelasnya.

Saat ini menurutnya baru kolegium bedah yang sudah siap melakukan kerjasama multilateral. Oleh karena itu pihaknya mendorong kolegium lain untuk menyiapkan diri.

Menurutnya, mulai 2017, Indonesia sudah terbuka dengan dokter spesialis dan sub spesialis asing. Kemudian pada 2020, ditingkatkan dengan terbukanya kesempatan untuk dokter umum. Puncaknya tahun 2025 semua akan terbuka secara bebas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro