Film Jumanji: Welcome to the North Jungle /Istimewa
Entertainment

Kalahkan 'Star Wars', “Jumanji' Raup US$33,4 Juta

Ilman A. Sudarwan
Senin, 15 Januari 2018 - 18:09
Bagikan

Bisnis.com, LOS ANGELES – Film produksi Sony “Jumanji: Welcome to the North Jungle” mendominasi perolehan box office sepanjang pekan lalu di kawasan Amerika Utara. Dilansir dari Reuters, pada Senin (15/1/2018) waktu setempat, film tersebut diperkirakan mendapat sekitar US$33,4 juta dari penayangan di 3.849 layar. Perhitungan terakhir dilakukan pada Minggu (14/1/2018).

Di sisi lain, film “The Post” berhasil memimpin perolehan di antara film pendatang baru di Hollywood pekan lalu dengan US$22,2 juta dari penayangan di 2.819 layar sepanjang Jumat-Minggu setelah mereka menambah 36 layar.

Film pendatang baru lainnya, “The Commuter" yang dibintangi oleh Liam Neeson berhasil melampai perkiraan banyak kalangan dengan mendapatkan sekita US$16 juta dari penayangan di 2.892 layar domestik Amerika Utara. “The Post” dan “The Commuter” berhasil menempati posisi 2 dan tiga dalam ranking Box Office pekan lalu.

Sementara itu, film “Star Wars: The Last Jedi” masih mampu bertahan dengan pendapatan sekitar US$14,7 juta dari penayangan  di 3.090 layar. Film produksi Disney dan Lucasfilm ini berhasil menduduki posisi keempat.

Selanjutnya, film “The Greatest Showman” dengan perkiraan pendapatan sebesar US$14,5 juta dari 2.938 layar berhasil menduduki posisi kelima dalam pekan keempat penayangan mereka di bioskop.

Posisi keenam dan ketujuh box office pekan lalu ditempati oleh film “Paddington 2” dan “Insidious: The Last Chapter” dengan perkiraan masing-masing mendapatkan sekitar US$14,1 juta.

Kalahkan 'Star Wars', “Jumanji' Raup US$33,4 Juta

'Proud Mary'

Posisi ke-8 diisi oleh film bergenre action-thriller dari Sony, “Proud Mary” yang mendapatkan sekitar US$12 juta dari penayangan mereka di 2.125 layar. Film ini dibuntuti oleh “Pitch Perfect 3” yang berhasil mendapatkan sekitar US$6,7 juta dari 2.5050 layar. Film ini masih berhasil mengungguli “Darkest Hour” yang dalam pekan kedelapan penayangannya berhasil mendapatkan US$5,7 juta dari 1.693 layar.

Sepanjang hari libur Marthin Luther King Jr. di Amerika Serikat pada pekan lalu, bisnis perfilman secara keseluruhan menunjukkan jumlah yang positif. Berdasarkan catatan dari comScore.com, dari liburan selama empat hari pada pekan lalu, Hollywood berhasil mengumpulkan US$190 juta.

Film “Jumanji: Welcome to The Jungle” sendiri saat ini berhasil menjadi film yang dirilis pada 2017 dengan pendapatan terbesar kedelapan setelah meraup US$290 juta dalam 29 hari penayangan.

Kalahkan 'Star Wars', “Jumanji' Raup US$33,4 Juta

Energi Baru

Analis Media Senior comScore.com Paul Dergarabedian mengatakan bahwa film “Jumanji” telah menyuntikkan energi baru ke dalam dunia perfilman Amerika Serikat di awal 2018 ini. Menurutnya, capaian film ini bahkan tampak seperti film yang baru tayang selama 2 pekan ketimbang 4 pekan.

“Jumanji seakan menekan tombol reset dan menjadi seperti film yang sedang tayang pada pekan kedua mereka ketimbang pada pekan keempat. Keberhasilan film ini menjadi nomor satu di Box Office telah menyuntikkan energi baru baru pasar box office di awal 2018 yang juga banyak diisi oleh penayangan perdana film-film besar,” jelasnya.

Sementara itu, film “Star Wars: The Last jedi” telah menjadi film dengan pendapatan 2017 terlaris dengan total pendapatan sebesar US$1,264 miliar. Film ini berhasil menggeser “Beauty and the Beast” (US$1,263) dan “The Fate of the Furious” (US$1,236 miliar). Film ini juga berhasil menjadi film terlaris dunia sepanjang masa ke-10.

Di sisi lain, film “Jumanji” yang dibintangi oleh aktor Dwayne Johnson dan Kevin Hart sebenarnya telah memberikan persaingan ketat terhadap “The Last Jedi” setelah mereka tayang di bioskop sejak 20 Desember 2017.

Film ini memberikan suntikkan terhadap kesuksesan Sony sebagai rumah produksi film. Sebelumnya, tercatat hanya “Spider-Man: Homecoming” yang terhitung sebagai hit. Film tersebut berhasil mendapatkan US337 juta dari pasar domestik sepanjang musim panas.

Di samping kesuksesan “Jumanji”, pekan ini juga menjadi pekan yang hebat untuk film “The Post” yang dibintangi oleh Tom Hanks dan Meryl Streep tersebut. Film yang menceritakan tentang dunia jurnalistik pada 1971 di Amerika Serikat ini berhasil menarik penonton dari kalangan usia dewasa. Sebanyak 66% penonton mereka disebutkan berasal dari golongan usia di atas 35 tahun.

Kalahkan 'Star Wars', “Jumanji' Raup US$33,4 Juta

Nilai A

Film ini berhasil mendapatkan nilai ‘A’ dari situs comScore.com. Berdasarkan survey penonton yang dilakukan oleh PostTrack film ini masuk ke dalam kategori film yang “sangat direkomendasikan”. Presiden distribusi domestik PostTrack Chris Aronson mengatakan bahwa hal ini mengindikasikan film ini akan mencetak sukses yang lebih besar dalam pekan-pekan mendatang.

“Kami melihat adanya kesempatan yang sangat besar untuk menarik kalangan muda yang melek politik juga akan tertarik untuk menonton film ini,” tambahnya.

Sebelumnya, dalam penayangan terbatasnya film ini berhasil mendapatkan sekitar US$4,3 juta dari penayangan selama dua pekan. Artinya, secara total, film ini telah sukses meraup pendapatan sebesar US$26,7 juta. Di sisi lain film ini juga mendapatkan penilaian tinggi dari berbagai kalangan dan institusi perfilman.

The National Board of Review mendaulat film ini sebagai film terbaik 2017. Aktor Tom Hanks dan aktir Meryl Streep juga mendapatkna penghargaan untuk kategori akting terbaik dari Directors Guild dan Writers Guild. Producer Guild juga mencantumkan mereka dalam nominasi 11 film terbaik. Dari situs review film Rotten Tomatoes juga memberikan penilaian sebesar 88% untuk film ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : Reuters
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro