Ilustrasi/Govloop
Relationship

Cara Sederhana Membuat Tidur Lebih Cepat

Newswire
Selasa, 16 Januari 2018 - 12:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menulis hal-hal apa saja yang ingin Anda lakukan besok hari sebelum tidur bisa menjadi satu cara sederhana untuk membantu Anda tidur, menurut sebuah studi dalam Journal of Experimental Psychology.

Para peneliti mengatakan menulis tugas-tugas yang ingin Anda kerjakan--bisa jadi salah satu penyebab munculnya rasa khawatir--dapat mengurangi kadar stres, sekaligus membantu orang melaksanakan tugas yang dia tulis lebih efisien.

Untuk sampai pada temuan itu, peneliti dari Universitas Baylor di Texas melibatkan 57 orang dewasa sehat berusia 18-30 tahun. Mereka lalu memantau pola tidur para partisipan itu.

Ke-57 orang itu mendapatkan waktu 5 menit untuk menulis hal yang ingin mereka lakukan besok hari, baik itu dalam bentuk poin-poin ataupun paragraf. Sebagian orang menuliskan tugas-tugas yang sudah mereka kerjakan di hari-hari sebelumnya.

"Semua hal yang ingin Anda lakukan besok hari dan beberapa hari ke depan," kata para peneliti.

9 Menit Lebih Cepat

Hasilnya, mereka yang menuliskan hal-hal yang ingin dilakukan bisa tertidur 9 menit lebih cepat ketimbang para partisipan yang menulis tugas yang sudah mereka selesaikan.

Lebih dari itu, orang-orang yang menulis lebih panjang dan spesifik bisa lebih cepat lagi tertidur ketimbang yang menulis singkat.

"Ketika orang membongkar berbagai hal yang sulit mereka ingat, ada semacam kelegaan," kata asistem profesor psikologi dan neurosains dari Universitas Baylor, Michael Scullin.

Menurut dia, hanya memikirkan hal-hal dalam pikiran justru bisa semakin menyulitkan untuk tidur.

"Tampaknya, menuliskan hal-hal yang ingin dilakukan bisa menjadi kuncinya," tutur dia.

Bisa tertidur lebih cepat sembilan menit atau dengan kata lain mendapat tambahan waktu tidur sembilan menit bisa membuat perbedaan nyata. Demikian seperti dilansir laman Time.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro