Ilustrasi/Istimewa
Fashion

Konsumen Lebih Sering Konsumsi Produk Siap Santap di Luar Rumah

Newswire
Selasa, 16 Januari 2018 - 19:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perilaku konsumen dalam mengkonsumsi produk makanan dan minuman di dalam rumah ataupun di luar rumah sangat beragam dan unik.

Berbagai negara di benua yang berbeda mempunyai pilihan yang berbeda di dalam memilih tipe produk yang di konsumsi di luar rumah.
 
Kantar Worldpanel memonitor pola belanja konsumen untuk produk makanan dan minuman siap saji, tidak hanya di Asia tetapi juga di benua lainnya, seperti di Eropa dan Amerika.

Konsumen di benua Eropa, memilih kopi sebagai pilihan utama untuk konsumsi di luar rumah. Adapun, di Asia, termasuk Indonesia, memilih air mineral dan teh sebagai pilihan utama konsumen.

"Pesatnya gaya hidup urban, konsumen Indonesia kini menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah pada waktu senggang mereka. Salah satunya adalah makan di luar lebih sering," ujar Venu Madhav, General Manager Kantar Worldpanel Indonesia.

Berdasarkan hasil survey Kantar Worldpanel Indonesia yang dipaparkan pada acara Out of Home Event, Selasa (16/1/2018), konsumen Indonesia lebih sering mengkonsumsi produk siap santap di luar rumah di bandingkan dengan di dalam rumah. Beberapa produk mencapai tiga kali lipat lebih besar pertumbuhan untuk konsumsi di luar rumah. Berbeda dengan pembelian untuk konsumsi di dalam rumah, yang lebih terencana, konsumsi di luar rumah pada umumnya cenderung lebih impulsif.

Berkaitan dengan pengeluaran rumah tangga, perilaku ini terjadi di semua kelas konsumen. Tidak hanya terjadi pada kelompok konsumen dari kelas sosial ekonomi menengah keatas, tetapi pertumbuhan ini justru terlihat pada kelas sosial ekonomi menengah kebawah.
 
Menurut Venu, menangkan momentum ketika konsumen memilih produk yang dikonsumsi di luar rumah untuk melepaskan dahaga ataupun mengisi rasa lapar sangatlah penting. "Bayangkan seorang pelajar berjalan pulang dari sekolah pada hari yang panas dan merasa haus, kemungkinan besar ia akan mencari minuman yang tersedia dan terlihat menyegarkan dan dingin di warung atau minimarket terdekat."

Fanny Murhayati, New Business Development Director, Kantar Worldpanel Indonesia memaparkan,dalam bersaing memenangkan pilihan konsumen, para pemain fast moving consumer goods (FMCG) tidak hanya berkompetisi di dalam satu kategori, tetapi juga antar kategori yang berbeda.

Misalnya, untuk produk siap minum, air mineral, teh siap saji, minuman isotonic dan lainya akan saling bersaing untuk produk pelepas dahaga. Demikian pula, untuk kategori makanan, biskuit, coklat atau kategori siap makan lainnya, juga akan saling bersaing untuk produk pemenuh rasa lapar.

"Hampir semua konsumen di perkotaan besar di Indonesia pernah mengkonsumsi produk siap saji. Para pemain FMCG harus berlomba untuk meningkatkan frekuensi belanja, dengan memenangkan momen dan kesempatan," ungkapnya.

Andi Siswanto, Account Director Kantar Worldpanel Indonesia mengidentifikasi empat kunci pertumbuhan dalam pasar produk yang dikonsumsi di luar rumah (Out of Home), yakni ketersediaan barang, tipe dan keanekaragaman produk, harga produk, serta inovasi.
"Inovasi selalu dibutuhkan untuk mengembalikan gairah pasar dan memastikan relevansi dari merek kita. Inovasi tidak perlu selalu dikaitkan dengan pengembangan produk baru," ujarnya.

Bahkan, menurutnya,  dengan mengarahkan ulang posisi produk kita pada setiap kesempatan yang unik juga bisa menjadi contoh inovasi yang baik dalam komunikasi. Pabrik susu dan biskuit menunjukkan contoh yang baik tentang hal tersebut.

Selain mengkomunikasikan manfaat produk, kampanye pemasaran semakin diarahkan pada sarapan pagi yang sehat, relevan bagi orang-orang di daerah perkotaan yang selalu bepergian dan sering sarapan pagi dalam perjalanan. "Terlebih lagi, inovasi juga memberikan pengalaman baru bagi konsumen."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro