Ilustrasi/acnetreatmentshq
Fashion

Makeup Tebal Picu Wajah Jerawatan

JIBI
Kamis, 18 Januari 2018 - 13:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jerawat jadi musuh besar kulit wanita, tak terkecuali para selebritas Hollywood. Peraih piala Golden Globe kategori aktris terbaik dalam film musikal-komedi, Saoirse Ronan juga merasakannya.

Lewat perannya dalam film ‘Lady Bird’, Saoirse Ronan meraih piala Golden Globes 2018. Dalam film berdurasi 94 menit ini, dia membiarkan wajah berjerawatnya terpampang.

Tebalnya riasan wajah dan paparan sinar lampu panggung kala pentas di panggung Broadway jadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah Ronan.

Menurut dokter kulit Joshua Zeichner, gangguan kulit ini umum dialami para aktor dan aktris. Riasan wajah tebal menghambat pori-pori kulit, ditambah lagi dengan paparan sinar lampu yang membuat wajah terus berkeringat, menghasilkan perpaduan minyak dan debu yang membentuk jerawat.

Jadwal kegiatan yang padat juga memicu stres, hingga hormon dalam tubuh meningkat yang mendorong peningkatan produksi minyak.

Tidak hanya para selebritas, kasus ini juga bisa dialami orang awam yang sering menggunakan riasan tebal dan punya jadwal kerja padat yang rentan memicu stres.

Untuk mengatasi jerawat yang tumbuh, Zeichner menganjurkan memilih alas bedak berbahan mineral atau bubuk dibanding yang berbentuk cairan berbahan dasar minyak yang rentan menyumbat pori-pori wajah.

Pastikan pula membersihkan wajah dengan benar setelah seharian beraktivitas dengan wajah penuh riasan. Seperti dikutip dari laman Self, Zeichner menyarankan agar membersihkan wajah dengan cairan yang mengandung salicylic acid untuk membersihkan pori-pori.

Setelahnya, gunakan pembersih yang menghidrasi wajah untuk meredakan peradangan, lalu oleskan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro