Ilustrasi/Istimewa
Health

Depresi Pasca Melahirkan? Bernyanyilah...

Asteria Desi Kartika Sari
Senin, 22 Januari 2018 - 01:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Bernyanyi dapat membantu ibu pulih dari depresi pascamelahirkan dengan lebih cepat.

Seperti yang dikutip BBC.com, peneliti menemukan, wanita yang mengambil bagian dalam sesi menyanyi kelompok dengan bayi mereka pulih dari depresi lebih cepat jika dibadingkan dengan mereka yang tidak mengikuti kegiatan tersebut.

Penelitian tersebut dipublikasikan di British Journal of Psychiatry. Dalam penelitian, dilakukan pengamatan terhadap 134 ibu dengan depresi pascamelahirkan.

Penelitian sebelumnya telah mengindikasikan, bernyanyi dapat membantu memperbaiki kesehatan mental orang tua dan orang-orang dengan demensia.

Namun , terkait pengaruh terhadap depresi pascamelahirkan, penelitia tersebut masih dalam tahap pertama.

Selama masa penelitian, para ibu belajar menyanyikan lagu pengantar tidur dengan bayi mereka, kemudian menciptakan lagu baru tentang keibuan.

Peneliti utama Dr Rosie Perkins mengatakan, meskipun itu merupakan penelitian kecil, penting untuk mengatasi gejala secepat mungkin.

"Depresi pascamelahirkan melemahkan ibu dan keluarga mereka, namun penelitian kami menunjukkan bahwa bagi beberapa wanita, sesuatu yang dapat diakses saat bernyanyi bersama bayi mereka dapat membantu mempercepat pemulihan pada saat yang paling rentan dalam hidup mereka," katanya.

Dr Daisy Fancourt, penulis utama dari University College London, mengatakan bernyanyi adalah terapi lain yang berguna untuk wanita.

"Banyak ibu memiliki kekhawatiran untuk menggunakan obat depresi, sementara menyusui dan terapi psikologis dengan ibu baru tergolong relatif rendah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Sumber : bbc.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro