Ilustrasi/Bisnis
Health

Nitrogen Monoksida Obat Cegah Stroke

Newswire
Rabu, 24 Januari 2018 - 23:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Nitrogen Monoksida (NO) yang diproduksi oleh sel endotelium bermanfaat untuk mencegah terjadinya stroke dan penyakit vascular lainnya, kata ahli neurologi Prof Dr dr Rusdi Lamsudin Sp.S (K) M.Med.Sc.

Dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (24/1/2018) saat memaparkan materi "Manfaat L-Arginine untuk Mencegah Terjadinya Stroke Infark dan Therapi Stroke Infark" pada sebuah seminar kesehatan, guru besar di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta itu mengatakan l-arginine yang di dalam tubuh menjadi NO mulai dipopulerkan di Indonesia.

Ia menyarankan kepada pasien untuk mengonsumsi dengan dosis yang tepat sesuai dengan petunjuk yakni 4 - 6 gram/hari.

Menurut dia, l-arginine diubah menjadi NO dalam tubuh dan dapat membantu merelaksasi pembuluh darah dan mengatur kekencangan dan kelenturannya.

Hasilnya adalah pengurangan stress pada jantung, perbaikan sirkulasi dan kemampuan untuk menjaga tekanan darah pada kisaran normal.

Dalam paparannya soal manfaat l-Arginine, Rusdi mengatakan banyak penelitian sejak  2006 membuktikan  suplemen ini bisa mencegah dan mengurangi stroke.

Jika sudah terjadi stroke, itu pun menurut dia, manfaatnya cukup tinggi.

Pada  1998, hadiah Nobel diberikan kepada tim periset yang berhasil menemukan peran Nitrogen Monoksida (NO) sebagai molekul sinyal utama yang menjaga sistem kardiovaskular agar dapat berfungsi pada tingkat terbaiknya.

Tiga peneliti itu adalah Robert F. Furchgott, Louis J. Ignarro, dan Ferid Murad.

Mereka mengidentifikasi peran NO sebagai molekul sinyal dengan kemampuan untuk membantu meningkatkan komunikasi antarsel-sel dari sistem kardiovaskular, yang merupakan kunci kesehatan jantung jangka panjang.

Sementara itu, dalam seminar itu General Manager PT Synergy WorldWide Indonesia, Erwin Dumalang menjelaskan bahwa pihaknya telah memasarkan suplemen ProArgi-9+ yang telah masuk dalam Physicians Desk Reference (PDR) edisi 2014 hingga PDR 2017.

PDR ini seperti sebuah panduan atau kamus yang berisi tentang daftar obat-obatan, suplementasi dan lain-lain yang direferensikan dan juga menjadi bahan acuan dan membuat resep obat para dokter yang telah disetujui di Amerika.

Sedangkan nutrisionis Synergy WorldWide Indonesia, Hendri Priadi menambahkan bahwa ProArgi-9+ diformulasikan secara cermat oleh pakar peneliti l-arginine dan ahli kardiovaskular.

Suplemen itu dibuat dari bahan baku yang bersumber dari pemasok yang telah lulus persyaratan dan serangkaian pengujian kualitas yang ketat, melalui proses audit oleh Synergy dengan total 247 tes sepanjang proses produksi ProArgi-9+, ditambah 15 tes yang berbeda sebelum menerima cap persetujuan akhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro