Warga bermain basket dengan latar belakang Tugu Monas di Jakarta, Jumat (4/8). Monas disorot lampu warna ASEAN hingga 8 Agustus 2017 untuk memperingati 50 tahun dibentuknya lembaga kerja sama negara-negara kawasan Asia Tenggara./ANTARA-Wahyu Putro A
Health

Mau Punya Tubuh Atletis? Begini Caranya

Asteria Desi Kartika Sari
Selasa, 30 Januari 2018 - 19:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang menginginkan memiliki berat tubuh yang ideal, bahkan seperti atlet. Berikut ini merupakan formula olahraga untuk membentuk badan atletis seperti seorang atlet.

Dokter spesialis kesehatan dan olahraga dari Rumah Sakit Royal Progress Rika Haryono SpKO menuturkan banyak orang awam alias bukan atlet yang memiliki badan yang bagus karena mereka intensif olahraga.

“Kalau mau memiliki [bentuk] badan yang ideal, ya harus berolahraga,” tutur Rika usai pertemuan media Rumah Sakit Royal Progress, Selasa (30/1/2018).

Sebut saja FITT, itu adalah formula untuk olahraga. Artinya, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan olahraga. Pertama, F adalah frekuensi olahraga. Umumnya, orang memiliki frekuensi olahraga paling tidak mencapai tiga sampai lima kali dalam satu minggu.Kedua, I atau intensitas. Ada tiga intensitas olahraga yakni rendah, sedang, dan tinggi.

Ketiga, T atau time, waktu berolahraga pada umumnya dapat dimulai paling tidak 15 menit.

“Misalnya jarang berolahraga biasanya untuk awal bisa dimulai dengan olahraga 15 menit, kemudian nanti bisa ditambah, tapi tidak lebih dari 1 jam,” jelasnya.

Keempat, T atau tipe, yakni jenis olahraga yang dipilih. Rika menuturkan tipe olahraga dapat dipilih sesuai dengan kesukaansupaya menambah semangat. Misalnya, renang, lari, bulutangkis, sepak bola, bersepeda atau bahkan angkat beban.

Cara tersebut dapat mengawali program pembentukan badan seseorang. Pasalnya, olahraga dapat membakar lemak yang menumpuk di tubuh. Selain itu, dapat menghilangkan sumber penyakit melalui keringat yang dikeluarkan saat olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro