Mycobacterium leprae, bakteri penyebab kusta/Istimewa
Health

Waspadalah, Penyakit Kusta Masih 'Gentayangan' di 6 Wilayah Ini

Kurniawan A. Wicaksono
Senin, 5 Februari 2018 - 08:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tahukan Anda, penyakit kusta masih belum lenyap di Indonesia? Kendati jumlah kasusnya sedikit, beberapa wilayah masih perlu mendapatkan perhatian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Direktur Pencegahan Penyakit Menular Langsung, Wiendra Waworuntu mengatakan bahwa masih ada beberapa wilayah yang belum eliminasi kusta.

Artinya, lanjut dia, prevalensi kusta di wilayah tersebut masih lebih dari 1 per 10.000 penduduk. Saat ini, angka prevalensi kusta di Tanah Air sekitar 0,71 per 10.000 penduduk dengan total 18.248 kasus terdaftar.

Adapun, wilayah tersebut a.l. Jawa bagian timur, Sulawesi, Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara. Meskipun demikian, Wiendra menegaskan bahwa hal tersebut bukan berarti tidak ada temuan di provinsi lain.

“Kasus kusta diharapkan semakin sedikit, semakin hilang. Tidak dipungkiri pasti kusta masih ada, tetapi catatannya adalah jangan sampai ada penularan (kasus baru) dan penderita kusta jangan sampai cacat. Itu upaya kami,” ujarnya, seperti dikutip, Senin (5/2/2018).

Dia mengakui, sebagian masyarakat Indonesia saat ini mungkin tidak mengenal penyakit ‘tua’ ini. Hal tersebut, sambungnya, juga dikarenakan jumlah kasus kusta lebih sedikit dibandingkan dengan penyakit lainnya saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro