Kanker kulit/Istimewa
Health

9 Kebiasaan Buruk Pemicu Kanker Kulit

Mia Chitra Dinisari
Senin, 5 Februari 2018 - 10:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang memandang urusan kulit, dari sudut pandang perawatan kecantikan daripada bagian kesehatannya, bukan?

Sebagai contoh, Anda berusaha keras untuk mengikuti rutinitas perawatan kulit rutin, untuk menjaga bagian luar kulit kita tetap bersih dan terlihat cantik. Mulai dari upaya mengelupas, melembabkan, mencuci kulit dengan produk yang paling sesuai untuk kulit kita, dan kita bahkan memakai make up untuk membuatnya terlihat lebih menarik!

Namun, banyak dari kita tidak terlalu khawatir tentang bagian kesehatan kulit, seperti bagaimana kita bisa khawatir tentang kesehatan organ vital tertentu seperti jantung dan ginjal, bukan? Nah, kita harus sadar bahwa kulit juga merupakan organ tubuh. Sebenarnya, itu adalah organ tubuh manusia terbesar. Sama seperti bagaimana organ tubuh lainnya terkena penyakit, bahkan kulit pun bisa terkena.

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan, yang dapat mempengaruhi sel kulit dan pada akhirnya dapat mempengaruhi organ dalam lainnya juga. Jadi, berikut beberapa kebiasaan berbahaya yang bisa meningkatkan risiko kanker kulit!

1. Tidak Menggunakan Tabir Surya
Sejumlah penelitian dan survei telah membuktikan bahwa, terutama di negara-negara berkembang seperti India, mayoritas orang tidak menggunakan lotion dan krim tabir surya, setiap hari. Sinar ultraviolet dari matahari adalah salah satu penyebab utama kanker kulit dan bisa menyerang manusia, dalam rentang waktu singkat saat terkena sinar matahari. Jadi, sebaiknya orang menggunakan lotion tabir surya setiap hari, bahkan saat berada di dalam rumah untuk sebagian besar!

2. Diet Buruk
Jika makanan Anda tidak memiliki makanan sehat dan bergizi seperti buah dan sayuran, maka sel kulit Anda menjadi lebih lemah dan kebal terhadap serangan sel kanker, yang mungkin tumbuh dan berkembang biak pada tingkat yang mengkhawatirkan. Buah dan sayuran mengandung banyak antioksidan dan antioksidan diketahui bisa mencegah sejumlah kanker, termasuk kanker kulit. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari.

3. Mengkonsumsi Gula Berlebih
Jika Anda adalah seseorang yang memiliki 'gigi manis', atau jika Anda menyukai makanan bergula seperti permen, coklat, minuman ringan, dan sebagainya, secara teratur, itu juga bisa menjadi salah satu akar penyebab kulit. kanker, menurut sejumlah penelitian. Terlepas dari kanker kulit, kelebihan gula juga bisa menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya seperti obesitas, diabetes, rongga, penyakit ginjal, dll.

4. Tidak Melindungi Kulit di Luar Ruangan
Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini ada jumlah pencemaran yang sangat tinggi di udara. , terutama di negara-negara seperti India. Jadi, jika Anda tidak menutupi seluruh area kulit Anda, dengan memakai pelindung seperti sarung tangan, kaus kaki, masker, syal, dan lain-lain, racun dalam polusi juga dapat menyebabkan kanker kulit. Selain itu, menutupi diri Anda dengan pakaian pelindung saat dalam perjalanan, juga dapat melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari.

5. Merokok
Ya, merokok juga bisa menjadi kebiasaan yang bisa menyebabkan kanker kulit! Fakta ini akan mengejutkan banyak orang karena merokok biasanya berhubungan dengan perkembangan kanker paru-paru. Namun, ada cukup bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa nikotin yang terhirup saat merokok juga dapat menyebabkan kanker kulit, bersamaan dengan sejumlah komplikasi kesehatan lainnya yang kita semua tahu dengan baik!

6. Berlebihan Penggunaan Ponsel
Ini adalah salah satu kebiasaan yang mayoritas populasi di dunia mengikuti setiap hari, tanpa memandang usia dan jenis kelaminnya! Padahal, ponsel telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa menjaga ponsel Anda dekat dengan tubuh Anda untuk waktu yang lama juga dapat menyebabkan kanker kulit, karena gelombang radio frekuensi yang dipancarkan dari ponsel dapat memicu pertumbuhan sel kanker di kulit.

7. Duduk Terlalu Lama
Namun, kebiasaan mengejutkan lainnya yang bisa menyebabkan kanker kulit duduk berjam-jam. Kebiasaan ini diikuti oleh sejumlah profesional yang bekerja dengan pekerjaan di meja kerja saat ini. Studi menunjukkan bahwa duduk terlalu lama, terutama di depan komputer juga dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker kulit, karena kebiasaan ini dapat mengurangi elastisitas kulit Anda, sehingga rentan terhadap serangan penyakit seperti kanker.

8. Tidak rutin ke Dermatologis
Sama seperti kebanyakan kita masuk untuk pemeriksaan kesehatan secara umum sesekali, hanya untuk memastikan organ dalam kita semua berfungsi, meskipun kita merasa sehat, penting juga untuk mendapatkan kulit Anda. diperiksa secara teratur dengan pergi ke dokter kulit. Spesialis kulit dapat mendeteksi bahkan tanda-tanda kecil kanker kulit, jika ada, untuk membantu mengobati atau mencegah kondisi penuh, pada waktunya.

9. Menggunakan Makeup Berlebih
Saat ini, banyak orang terbiasa menggunakan make up setiap hari, untuk terlihat dan terasa enak. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa, dengan menggunakan produk makeup setiap hari juga dapat memicu kanker kulit, karena sejumlah bahan kimia beracun dapat digunakan dalam pembuatan merek tertentu dari produk makeup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro