Patung Firaun/tripadvisor
Bisnis Style

Pasukan Terakota Penjaga Kaisar China Qin Shihuangdi diboyong ke Inggris

Ilman A. Sudarwan
Rabu, 7 Februari 2018 - 20:06
Bagikan

Bisnis.com, LIVERPOOL -  Pada akhir pekan ini, patung-patung pasukan Terakota yang menjaga makam Kaisar Qin Shihuangdi direncanakan akan dipamerkan di Museum Dunia Liverpool, Inggris.

Pameran ini akan memajang 180 artefak bersejarah China, dan dijadwalkan berlangsung pada 9 Februari hingga 28 Oktober 2018.

Dikutip dari Reuters, pameran patung berukuran manusia tersebut merupakan kali kedua yang dipamerkan di Inggris. Pameran pertama digelar pada 2007-2008, dan berhasil menyedot ribuan pengunjung dari seluruh Eropa.

Koleksi yang diperkirakan akan mencuri perhatian dalam pameran nanti adalah 10 patung pasukan berkuda yang merupakan bagian dari pasukan penjaga makam kaisar pertama China, Qin Shihuangdi. Patung-patung tersebut diperkirakan berusia lebih dari 2.000 tahun.

Patung tentara Terkota ditemukan pertama kali di kompleks pemakaman pada 1974 oleh seorang penduduk desa. Setelah itu, pemerintah China langsung melakukan ekskavasi di area makan tersebut.

Sampai saat ini, dari proses penggalian ditemukan 2.000 patung dari tiga bagian kompleks makam. Seluruh patung itu memiliki perbedaan satu dan lainnya karena dibuat sesuai dengan model tentara pengawal kaisar. Diperkirakan, dalam kompleks makam tersebut terdapat 7.000-8.000 patung.

Selama berkuasa pada 221 SM, Kaisar Qin Shihuangdi banyak menetapkan kebijakan penting. Beberapa kebijakan tersebut adalah membuat hukum pidana China, membuat mata uang tunggal, menentukan satuan untuk mengukur tinggi dan berat, dan membuat struktur birokrasi di China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Diena Lestari
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro