Galeri Nasional/Istimewa
Fashion

Yoes Rizal Gelar Pameran di Galeri Nasional

Dika Irawan
Rabu, 7 Februari 2018 - 21:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Galeri Nasional Indonesia bekerja sama dengan Yoes Rizal Studio menggelar pameran lukisan karya Yoes Rizal bertajuk “pop–up/meletup”. Pameran ini akan berlangsung pada 9–22 Februari 2018 di Gedung D Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Kurator Mahmud Dzafce mengatakan, Yoes menampilkan sekitar 25 lukisan yang seluruhnya abstrak. Karya lukisnya bisa didefinisikan sebagai ‘suara’ yang lantang karena dianggap–disangka oleh lingkungan sebagai fikiran.

"Pikiran yang dipresentasikan oleh garis, warna, dan noda yang selalu bertabrakan seperti halnya refleksi getaran suara pada ruang, dan pada momen itu juga tanpa memperdulikan sekitarnya tetap berjalan dan hanya melihat ke depan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (7/2/2018).

Mahmud menambahkan, arya-karya Yoes ditangkap sebagai pertemuan tanpa putus dengan diri membawa pada kedekatan asal jati serta fitrah jati yang dia ekspresikan dengan gerakannya yang matang. Karya karyanya adalah Waltz/tarian warna: oranye, kuning, oker dan biru yang dijahit-ditarik dengan garis gelapnya ke dasar di mana simbol tanda noda tanpa makna bercampur sebagai tanda-tanda alam bawah sadar.

Tarian warna yang kadang-kadang nampak tidak terstruktur dan tidak bisa dikenali dan kadang-kadang tenang, seperti sebuah jalan keluar setelah lama mencari gerakan kehidupan pada lapisan objek yang fana.

“Lukisan lukisannya nampak sebagai archive memory yang disengaja diaduk seperti ombak yang terpicu dari luar dengan maksud memberitahu kepada jiwa untuk tidak menderita demi apa pun yang dulu dimilikinya. Hingga saat ini dalam lukisannya terus-menerus terjalin dengan kenangan sebagai simbol mekar/blossom – mengabarkan musim semi segera datang yang ditunjukkannya secara konsisten hubungan antara lembab-kering dan dingin-panas,” jelas Mahmud Dzafce.

Yoes Rizal merupakan seorang seniman generasi kontemporer lulusan Seni Rupa ITB, Bandung, yang telah lama aktif berpameran, baik dalam skala lokal maupun internasional. Sebelumnya, Yoes Rizal pernah berpameran di Galeri Nasional Indonesia pada 2012 dalam Pameran ArtEnergy, dan Indonesia Art Award & Philip Morris Asia pada 1999.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro