Warga berfoto di Kampung Pelangi, Kelurahan Kranji, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kampung yang sebelumnya kumuh menjadi bercat warna-warni / Dokumen Pemkab Banyumas
Fashion

Awalnya Kumuh, Warga Ubah Kampung Ini Jadi Kampung Pelangi

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 10 Februari 2018 - 09:19
Bagikan

Bisnis.com, PURWOKERTO - Kampung Pelangi di Semarang menarik perhatian masyarakat di Indonesia maupun dunia. Kampung bercat warna-warni juga dapat ditemukan di Malang, Balikpapan, dan Lubuklinggau.

Kini, kampung bercat warna warni juga dapat Anda temui di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Banyumas pada Sabtu (10/2/2018), warga RT 03/RW 07 Kelurahan Kranji Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyulap kampungnya yang sebelumnya terbilang kumuh menjadi Kampung Pelangi. Ini menjadi bagian dari memperingati Hari Jadi Banyumas ke 427 tahun ini.

"Mereka bergotong royong mengecat jalan masuk dan dinding SMP Negeri 1 Purwokerto dengan warna warni," tutur Ketua RT 03/RW 07 Risa Satriadi dikutip dari keterangan resmi.

Ide pengecatan kampung berawal dari keinginan warga yang ingin mengubah suasana lingkungan menjadi indah. Warga bersepakat untuk mengecat lingkungan dengan warna warni.

“Warga bertekad untuk menciptakan lingkungan yang asri dan indah dipandang mata, serta menghilangkan kesan kumuh perkotaan. Namun yang terpenting adalah meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya kebersihan, kerja sama dan keindahan lingkungan,” kata Risa.

Tahap awal pengecatan dilakukan menuju jalan masuk kampung tepatnya berada di sebelah barat SMP Negeri 1 Purwokerto. Namun, secara bertahap dirinya bersama warga akan melakukan pengecatan seluruh wilayah RT 03/Rw 07. 

“Selain menciptakan keindahan, harapannya akan banyak warga yang berkunjung di kampung ini, menikmati warna warni lingkungan,” tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro