Ilustasi - Seorang anak makan buah dan sayur./Istimewa
Health

Buat Suasana Menyenangkan Agar Anak Tak Susah Makan

Asteria Desi Kartika Sari
Kamis, 15 Februari 2018 - 23:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Orang tua sering kali menghadapi anak yang susah makan. Padahal asupan gizi pada makanan sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang sang anak.

Namun, sering kali makan dapat menjadi kegiatan yang membosankan bagi anak, sehingga tak jarang yang akhirnya menghindar bahkan menolak untuk makan. Pakar Parenting Noella Birowo mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut orang tua harus kreatif untuk mengenalkan bahma makan merupakan kegiatan yang menyenangkan.

“Bentuknya bisa berupa interaksi antara orang tua dan anak. Bisa seperti pengenalan menu, nama daging, nama sayur,” katanya ditemui di Grand Indonesia dalam acara Early Learning Center (ELC), di Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Dalam proses pengenalan, orangtua dapat menjelaskan warna, hingga cerita asal-usul makanan tersebut. Dia menyarakan sebisa mungkin orang tua harus selalu menemani saat makan dan melakukan interaksi.

“Anak pun tak suka makan sendiri. Karena itu, interaksi bersama orangtua penting untuk membangun perasaan menyenangkan," ujarnya.

Ironisnya, menurutnya, sering kali orang tua menganggap  makan hanya sebagai rutinitas saja yang dilakukan tiga kali sehari. Bahkan setelah makan atau di sela-sela makan diberi camilan anak supaya anak senang makan.

”Jika demikian, anak justru disebut berisiko obesitas. Sebab, mereka melihat makan sebagai rutinitas, tanpa ada rasa menyenangkan di balik kegiatan [makan],” jelasnya.

Selain itu, dia memastikan saat anak makan, orang tua juga harus memastikan tidak terganggu dengan kegiatan lain seperti bermain gawai, menonton televisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro