Band Smashing Pumpkins siapkan tur pertamanya dalam 18 tahun terakhir./npr.org
Musik

Smashing Pumpkins Gelar Tur Pertama Dalam 18 Tahun

Annisa Margrit
Jumat, 16 Februari 2018 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Smashing Pumpkins, band alternative rock asal AS, akan reuni dan menggelar tur di Amerika Utara sepanjang tahun ini.

Kabar yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya ini berlangsung bersamaan dengan ulang tahun ke-30 band tersebut. Meski basis D'Arcy Wretzky tidak ikut serta, tapi sebagian besar formasi asli bakal bergabung.

Billy Corgan, Jimmy Chamberlin dan James Iha menamakan tur ini sebagai Shiny And Oh So Bright Tour. The Guardian melansir Jumat (16/2/2018), tur yang akan digelar mulai Juli 2018 ini merupakan yang pertama sejak 2000.

Smashing Pumpkins mulai dikenal setelah merilis album Gish pada 1991 dan Siamese Dream pada 1993. Namun, album Mellon Collie and the Infinite Sadness lah yang membuat tingkat popularitas mereka melambung di seluruh dunia. Album ini menelurkan lagu 1979, yang menjadi hit paling sukses band tersebut.

Sayangnya, konflik internal membuat band yang berdiri sejak 1988 ini bubar pada 2000. Pada 2006, Corgan dan Chamberlin sempat reuni untuk merekam Zeitgeist dan bahkan sempat menggelar tur bersama setahun kemudian.

Adapun tur kali ini akan berisi materi dari album-album lama mereka, dari Gish hingga Machina/Machina II.

"Sekitar 30 tahun lalu, sebagai Smashing Pumpkins, James Iha dan saya memulai perjalanan musik di kamar tidur sempit rumah ayah saya. Jadi, sangat luar biasa bagi saya bahwa kami bisa bergabung kembali dengan Jimmy Chamberlin yang luar biasa, untuk merayakan lagu-lagu yang kami buat bersama," papar Corgan.

Smashing Pumpkins sempat tampil di Indonesia pada 2010 dalam Java Rockin' Land (JRL). Dalam konser pertamanya di Indonesia itu, Corgan manggung bersama Mike Byrne, Nicole Fiorentino, dan Jeff Schroeder.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : The Guardian
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro