Masker wajah/Istimewa
Fashion

Wajah Cepat Tua Gara-gara 5 Kesalahan Memakai Masker Wajah

JIBI
Kamis, 22 Februari 2018 - 12:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masker wajah merupakan salah satu bagian penting dari rangkaian perawatan kulit yang wajib digunakan untuk menjaga kecantikan wajah.

Beragam varian dan manfaat masker wajah, seperti menghilangkan jerawat, melembapkan kulit kering, mengurangi minyak berlebih pada wajah, memudarkan noda hitam, dan lain sebagainya.

Tapi, ternyata pemakaian masker wajah dapat membuat wajah cepat menua. Hal ini karena ada beberapa kesalahan yang tanpa disadari sering dilakukan saat memakai masker. Apa saja kesalahan pemakaian masker itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Memakai masker terlalu lama

Biasanya di dalam kemasan terdapat petunjuk penggunaan masker. Misalnya, berapa lama waktu pengaplikasian masker sebelum akhirnya harus dibersihkan. Aturan ini sebaiknya diikuti, karena permasalahan bukan berasal dari lamanya waktu kamu memakai masker. Masker tersebut akan memberikan efek samping dan manfaatnya tidak akan didapatkan secara optimal.

Contohnya, saat sedang berjerawat sebaiknya hindari menggunakan menggunakan masker jerawat terlalu lama. Ini karena kelembapan alami kulit wajah akan menghilang dan justru semakin rentan dengan jerawat.

2. Masker yang kamu gunakan tidak cocok untuk kulitmu

Seperti produk perawatan kulit pada umumnya, kamu harus mengetahui kebutuhan kulit wajah sebelum membeli masker wajah yang akan dipakai. Bagi beberapa orang, mencoba berbagai jenis masker tidak akan memberikan efek berarti, tapi tidak sedikit juga orang yang harus berhadapan dengan masalah kulit baru cuma karena pernah mencoba-coba mengaplikasikan satu buah masker.

3. Belum melakukan eksfoliasi

Penyebab ketiga yang membuat masker wajah justru membuat wajah lebih cepat tua adalah tidak melakukan proses eksfoliasi sebelum mengaplikasikan masker. Bagi yang senang menggunakan masker dengan formula krim, maka sangat disarankan untuk melakukan proses eksfoliasi sebelum mengaplikasikan masker tersebut.

Hal ini karena masker dengan formula krim tidak dapat berfungsi menjadi eksfoliator. Eksfoliasi sendiri berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran, sehingga saat mengaplikasikan masker, maka masker akan lebih mudah diserap oleh wajah dan manfaat yang didapatkan akan optimal.

4. Memakai clay atau charcoal mask terlalu tebal

Sebaiknya hindari menggunakan masker clay dan charcoal terlalu tebal di wajah, karena dapat menhilangkan minyak alami dari kulit dan membuat kulitkering atau bahkan mengelupas. Pada dasarnya masker clay dan charcoal dibuat untuk mendetoks kulit dan menyeimbangkan produksi minyak pada kulit wajah.

5. Tidak memeriksa kandungan metalik pada masker yang digunakan

Perhatikan kandungan metalik pada masker-masker emas atau perak. Masker jenis ini banyak mengandung hyaluronic acid yang sangat bagus untuk kulit, terutama untuk menghindari tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Meski begitu, tidak sedikit masker metalik yang mengandung alkohol sehingga dapat membuat kulit wajah kering, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro