Ilustrasi/Idiva
Relationship

Jadilah Diri Sendiri, Sukses Menanti

Nurudin Abdullah
Rabu, 28 Februari 2018 - 20:54
Bagikan

Jadi Pribadi yang Berbeda

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi diri sendiri dengan segala ciri dan kekhasannya merupakan salah satu langkah bagi seseorang untuk mencapai kesuksesan dan kehidupan yang lebih baik. Ini beberapa faktornya:

Faktor Pertama, ialah jadilah pribadi yang berbeda, yakni berbeda dengan orang lain, baik secara fisik maupun psikis (kejiwaan). Karena setiap orang memiliki ciri khas dan karakter masing-masing.

Hal tersebut menjelaskan bahwa pada satu sisi Anda memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain, tetapi di sisi yang lain anda juga mempunyai kekurangan dibandingkan dengan orang lain tadi.

Kesadaran seperti itu akan membantu untuk merasa aman dan nyaman dalam menerima kondisi yang sesungguhnya. Tidak merasa risau dengan keberadaan orang lain, sehingga dapat membantu menumbuhkan rasa percara diri anda.

Adapun factor Kedua adalah kenalilah diri sendiri. Artinya secara fisik Anda telah mengenali diri sendiri secara baik, misalnya berapa tinggi dan berat tubuh, warna rambut dan kulit atau bentuk mata. Juga tentang tempat dan tanggal lahir, serta tempat tinggal dan pekerjaan.

Namun, hal-hal fisik itu tidak cukup untuk mengenali diri sendiri. Masih dituntut untuk mengenali hal-hal yang bersifat nonfisik, seperti bagaiaman sifat, watak, kebiasaan, dan kepribadian. Itu semua yang membentuk kualitas diri seseorang.

Selanjutanya yang Ketiga ialah jangan menyesali diri. Sebab, setiap orang tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangan. Namun, jangan sekali-kali menyesalinya. Tidak perlu repot membandingkan kekurangan diri dengan kelebihan orang lain.   

Sebab, di samping kekurangan itu, Anda juga mempunyai potensi lain dan kelebihan. Maka jangan sampai menempuh “jalan pintas” untuk mengubah diri. Lebih baik galilah kelebihan Anda untuk menutupi kekurangan yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurudin Abdullah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro