Anak-anak berkebutuhan khusus dari Rumah Harapan Yayasan Kanker Valencia dan Yayasan Kami yang menampung anak kurang mampu dan dhuafa bermain di KidZania di Jakarta, Jumat (21/7)./JIBI-Nurul Hidayat
Health

Kanker Anak, Orang Tua Harus Segera Lakukan Ini Bila Merasa Curiga

Yoseph Pencawan
Kamis, 1 Maret 2018 - 01:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat perlu tahu bahwa kanker pada anak berbeda dari kanker pada orang dewasa. Perbedaan tersebut adalah kanker pada orang dewasa dapat dicegah, sedangkan pada anak tidak.

Haridini Intan, Dokter Hematologi Onkologi Anak RS Dharmais menuturkan, meskipun berbeda, tetapi pola hidup dan makan makanan yang sehat harus tetap diajarkan sejak dini kepada anak anak agar terhindar dari berbagai jenis kanker yang timbul pada usia dewasa.

"Namun apa yang harus dilakukan orang tua seandainya anaknya dicurigai terkena kanker?" katanya, belum lama ini.

Bila mencurigai anaknya terkena kanker, dia meminta agar orang tua segera membawanya ke puskesmas, rumah sakit atau fasilitas kesehatan lain. Tujuannya adalah untuk mengonfirmasi apakah gejala yang dijumpai tersebut benar kanker atau bukan.

Langkah tersebut diperlukan karena saat ini lebih dari 50% kasus kanker pada anak yang datang ke fasilitas kesehatan sudah dalam keadaan stadium lanjut. Melalui pengenalan tanda dan gejala kanker pada anak lebih cepat, diharapkan kanker yang ditemukan masih dalam stadium awal.

Menurut Haridini, kanker yang ditemukan pada stadium awal mempunyai kemungkinan sembuh lebih besar dibandingkan dengan mereka yang sudah berstadium lanjut.

Kanker merupakan kumpulan sel yang tidak dikelilingi kapsul yang memungkinkan sel-sel tersebut menyebar ke organ organ tubuh lain di luar organ yang terkena.

Secara umum kanker terbagi atas dua kelompok besar, yaitu berbentuk cair yang disebut sebagai kanker darah, yakni leukemia, dan berbentuk padat dan terlihat sebagai benjolan pada semua organ tubuh manusia seperti tulang. Yaitu kanker tulang syaraf tepi (Neuroblastoma), jaringan kelenjar getah bening (Limfoma Maligna) dan bola mata (retinoblastoma).

"untuk memastikan apakah benjolan tersebut kanker atau bukan, harus dilakukan pengambilan jaringan tumor dan dilihat dengan mikroskop oleh dokter spesialis patologi anatomi."

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro