Ilustrasi/Reuters
Health

LEUKIMIA: Segera Periksa dengan Seksama bila Si Kecil Alami Gejala Ini

Yoseph Pencawan
Jumat, 2 Maret 2018 - 18:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Leukimia merupakan jenis penyakit kanker yang paling sering menyerang anak-anak di Indonesia dan banyak mengakibatkan kematian.

Saat ini, lebih dari 50% kasus kanker pada anak datang ke fasilitas kesehatan sudah dalam keadaan stadium lanjut. Karena itu para orang tua perlu mengenali gejala awal Leukimia dan segera memeriksakan anaknya untuk mengonfirmasi apakah gejala tersebut kanker atau bukan.

"Gejalanya antara lain pucat, anak rewel dan nafsu makan menurun," ungkap dr. Abdul Kadir, Direktur Utama Rumah Sakit Dharmais, belum lama ini.

Gejala lainnya, lanjut dia, adalah demam tanpa sebab yang jelas serta pembesaran hati, limpa dan kelenjer getah bening. Kemudian ada juga gejala seperti kejang sampai penurunan kesadaran, perdarahan kulit atau perdarahan spontan, nyeri tulang serta pembesaran buah zakar.

Menurut dr. Kadir, penanganan Leukimia tidak jauh berbeda dengan jenis kanker lain yang secara garis besar meliputi operasi, kemoterapi dan radioterapi.

Operasi bertujuan mengangkat tumor dan merupakan salah satu bagian terpenting dari penanganan kasus tumor padat. Sementara kemoterapi yakni penanganan dengan menggunakan obat anti-kanker untuk membunuh sel-sel kanker.

Pemberian obat anti-kanker bisa dilakukan dengan cara ditelan atau disuntikkan langsung ke dalam darah, otot, di bawah kulit, atau antara dua tulang belakang.

Sedangkan radioterapi dilakukan untuk merusak dan memusnahkan sel-sel kanker. Tindakan ini merupakan terapi lokal dengan menggunakan sinar berenergi tinggi yang diarahkan hanya ke bagian tubuh yang dihinggapi sel-sel kankernya.

"Sebelum dilakukan radioterapi, biasanya dokter akan memberi tanda pada tubuh anak sebagai fokus dari sinar yang akan dipancarkan."

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro