Festival Tatung di Singkawang/telegraph.co.uk
Fashion

Tatung dalam Perayaan Cap Go Meh di Seasons City

Asteria Desi Kartika Sari
Minggu, 4 Maret 2018 - 17:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak hanya di Singkawang, Kalimantan Barat, atraksi Tatung terkait dengan Cap Go Meh di DKI Jakarta bakal semarak.

Seperti tahun sebelumnya, Trade Mall (TM) Seasons City menjadi mal yang menyelenggarakan atraksi Tatung dalam perayaan Cap Go Meh. Acara ini dilaksanakan pada Minggu (4/3/2018) mulai dari pukul 08.00 WIB pagi.

Selain Tatung, perayaan Cap Go Meh ini juga diramaikan dengan atraksi pawai To KhiauSinshe, Barongsai, Tanjidor, Ondel-Ondel Betawi, Bhakti Sosial Pengobatan Gratis olehDokter&Sinshe, hingga upacara Spiritual & lelangbarang-barang eks-sembayang.

General Manager TM Seasons City, Mualim Wijoyo mengatakan, acara in idiselenggarakan untuk melestarikan salah satu kebudayaan Indonesia. Dia mengatakan, hal ini merupakantahun ke-4 TM Seasons City menyelenggarakan Cap Go Meh denga nmenyajikan atraksi Tatung.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dalam melestarikan budaya sekaligus untuk menghibur masyarakat Jakarta yang inginmenyaksikan Tatung tanpa perlu jauh-jauhkeSingkawang,” kata Mualim dalam keterangan tertulis Minggu (4/3/2018).

Dalam acara tersebuta, terdapat sekitar 100 Sinshe Tatung pria dan wanita yang akanmelakukan atraksi ekstreem.Seperti debus di Banten, Tatung adalah orang yang dirasukiroh, dewa, leluhur, atau kekuatan supranatural. Dimanaseorang Tatung yang sedang kemasukan roh akan melakukan atraksi seperti berdiri di atas tombak dan atraksi ekstreemlainnya.

Menariknya, Seasons City juga mengombinasikan Tatung dan Barongsai dengan kebudayaan Betawi, dengan menghadirkan atraksiOndel-ondel dan Tanjidor.

Sementara untuk lelang, peminat acara lelang biasanya akan sangat banyak Mereka mempercayai, barang-barang ekssembah yang pada pelaksanaan Cap Go Meh memiliki banyak khasiat, mulai dari peruntungan, tolak balak, mampu memberikan kebahagiaan, dan lain sebagainya.

Mualim memperkirakan perayaan Cap Go Meh ini akan disaksikan oleh lebihdari 140.000 orang. Itu baru yang ada di mall Seasons City, belum termasukpenonton yang menyaksikan di rute-rute pawai. Rata-rata setiap hari kawasan Seasons City inidikunjungiolehsekitar 40.000 orang. Saat event bertambah menjadi 140.000 orang, tahun ini bisa lebih dari itu," jelasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro